Sekda Paulus Minta Pengamanan Pesparawi 24 Jam

oleh -106 views
Sekda Melawi, Paulus, memimpin apel gelar pasukan pengamanan helat Pesparawi X di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus memimpin apel gelar pasukan pengamanan dalam rangka pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) X tahun 2023 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Melawi. Apel ini dilaksanakan di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan Nanga Pinoh, Senin (26/6).

Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus mengatakan Kabupaten Melawi sebagai tuan rumah yang ditunjuk menggelar Pesparawi X harus bisa menjamin pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar.

“Aspek pengamanan dan keamanan perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak. Dan ini sudah kita laksanakan sejak kemarin, tanggal 25 Juni sampai nanti tanggal 1 Juli 2023, sekitar kurang lebih 7 hari pelaksanaan Pesparawi ini,” ujarnya.

Sekda juga meminta sejumlah lokasi kegiatan harus aman dan nyaman untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Menurutnya, lokasi yang perlu mendapatkan perhatian dalam pengamanan yakni Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan sebagai lokasi upacara pembukaan dan penutupan, serta ibadah KKR, lokasi perlombaan di Gedung Serbaguna, Gloria Center, dan Gereja Kristen Kalimantan Barat (GKKB) Nanga Pinoh.

“Kita berharap pengamanan ini bisa dilakukan all out selama 24 jam, termasuk di tempat penginapan para kontingen dan tamu undangan. Kita harus bisa menjamin pelaksanaan Pesparawi X ini dapat berjalan aman, tertib dan lancar,” ungkapnya.

Selanjutnya, Sekda juga mengimbau aspek lalu lintas, perparkiran, penataan pedagang kuliner dan UMKM bisa diatur dan ditata dengan rapi serta tertib untuk menunjang lancarnya pelaksanaan Pesparawi.

“Pedagang jangan dilarang dan dihalangi, tetapi nanti bisa kita atur agar tertata dan tertib sehingga semua pengunjung bisa nyaman menghadiri acara Pesparawi X ini,” jelasnya.

Mengakhiri arahannya, Sekda mengucapkan terima kasih atas sinergitas TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Dishub, Ormas, Pramuka, dan tenaga kesehatan dalam mendukung aspek pengamanan dalam pagelaran Pesparawi X tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Melawi.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Melawi, AKBP Muhammad Syafi’i meminta seluruh personel pengamanan untuk melayani secara humanis .

“Mari kita tunjukkan masyarakat Melawi ini guyub, rukun, dan saling berkolaborasi,” ajaknya.

Kapolres Melawi juga meminta para personel untuk mengantisipasi tindakan-tindakan yang mengarah ke tindakan pidana, dan masyarakat harus bisa selalu waspada dan menjaga barang-barang miliknya.

“Pembagian tugas dan plot sudah disiapkan dan dipaparkan oleh Kabag Ops. Para petugas yang mendapatkan penugasan silahkan saling berkolaborasi,” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga, Kapolres Melawi menegaskan Zero Narkoba di Kabupaten Melawi dan akan menindak tegas siapapun yang terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakapolres Melawi, Kasat Pol PP, Perwira Penghubung Kodim 1205/Sintang, jajaran TNI dan Polri, Satpol PP, Dishub, Damkar, Pramuka, Tenaga Medis dan Ormas di Kabupaten Melawi.