Dongkrak Kunjungan Pariwisata ke Melawi, MABT Gelar Festival Barongsai Open Turnament

oleh -222 views
Ilustrasi atraksi barongsai

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Majelis Adat Budaya Tionghua (MABT) Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar), pertama kalinya akan menggelar Festival Barongsai Open Turnament 2022.

Ketua MABT Melawi, Taufik mengatakan, festival barongsai open turnament kategori tradisional ini akan di gelar pada tanggal 10 Desember 2022 di lapangan Perbasi Kota Nanga Pinoh.

Taufik menjelaskan, festival ini nantinya tidak hanya diikuti tim barongsai dari kabupaten/kota di Kalbar, namun dari luar Kalbar juga diperbolehkan mengisi momen ini melalui pendaftaran dan nantinya bisa menampilkan kemahirannya dalam memainkan atraksi kesenian barongsai.

“Perlombaan atraksi barongsai ini akan memperebutkan piala bergilir Bupati CUP dan piala tetap MABT CUP. Selain itu, kami juga menyiapkan medali hingga uang pembinaan puluhan juta rupiah kepada pemenang juara 1, 2, 3, harapan 1 dan 2,” kata Taufik yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Melawi itu, Sabtu (29/10/2022).

Lebih lanjut dikatakan legislator Partai Golkar itu, tujuan festival kebudayaan ini selain menjaga kelestarian tradisi Tionghoa, juga akan menjadi agenda tahunan karena memiliki potensi yang besar dalam mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan di daerah setempat.

“Salah satu misi dari MABT adalah menjaga kelestarian bu­daya Tionghoa. Kami ingin memperkenalkan tradisi ini ke­pada masyarakat luas, sehingga budaya barongsai menjadi kha­sanah dari keberagaman budaya yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Ditambahkan, selama ini atraksi barongsai selalu dimainkan setiap perayaan Tahun Baru Imlek, dan di berbagai acara-acara seremonial. kali ini kita kemas dalam sebuah festival yang menarik,” tutupnya.