Desa Senibung Deklarasikan ODF, Dinkes Apresiasi Warga Stop BABS

oleh -136 views
Pendatanganan deklarasi ODF Desa Senibung oleh PLT Kepala Dinkes Melawi, Arif Santoso

MELAWINEWS.COM, PINOH UTARA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, bersama masyarakat Desa Senibung, Kecamatan Pinoh Utara, mendeklarasikan sebagai desa Open Defication Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Selasa (27/9/2023).

Agenda tersebut, dihadiri PLT Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Arif Santoso beserta jajaran. Deklarasi ini menyatakan bahwa warga Desa Senibung telah menghentikan semua kegiatan buang air besar di tempat terbuka secara sembarangan.

Dengan deklarasi ODF Desa Senibung kategori filar 1 ini, maka Desa Senibung menjadi desa ke 24 dari 169 desa di Melawi yang sudah terbebas dari BABS.

Arif Santoso pun menyampaikan apresiasinya luar biasa kepada masyarakat Desa Senibung yang telah mendeklarasikan diri sebagai desa ODF.

“Semua ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat desa yang telah secara aktif mendukung program kesehatan yang digaungkan pemerintah daerah khususnya. Diharapkan ke depan derajat kesehatan masyarakat Desa Senibung semakin meningkat,” kata Arif.

Dengan pencapaian ini, Arif berharap dapat dipertahankan melalui perilaku hidup bersih dan sehat serta berkomitmen memelihara kesehatan lingkungan untuk menyukseskan program sanitasi total berbasis masyarakat.

Menurut Arif, deklarasi ODF sangat penting dan mendesak karena merupakan upaya preventif guna mencegah dan mengendalikan penyakit berbasis lingkungan.

Dia pun mengimbau kepada desa yang belum ODF di Melawi untuk bisa segera deklarasi, dalam rangka mendukung terwujudnya Kabupaten Melawi sebagai daerah bersih dan sehat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Senibung, Esau Mulyadi menyatakan dukungannya terhadap deklarasi ODF ini.

Menurutnya, masyarakat Desa Senibung telah memiliki kesadaran yang tinggi akan perilaku hidup bersih dan sehat.

Deklarasi inI, kata Esau, diharapkan menambah semangat masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

“Kami atas nama masyarakat Desa Senibung yang berjumlah 167 KK meliputi 569 jiwa sangat berterima kasih kepada Dinkes Melawi atas perhatian dan dukungan ODF ini hingga dapat menerapkan perilaku hidup sehat kepada warga,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, agenda dirangkai dengan kegiatan pengobatan massal dan pengecekan kesehatan kepada warga dari Dinkes Melawi dan penyerahan sertifikat piagam penghargaan dari Bupati Melawi kepada kepala desa yang telah deklarasi ODF, yang diserahkan secara simbolis oleh PLT Kepala Dinkes.