Gawat! Kasus Harian Covid-19 Naik Tajam, 44 Positif 1 Meninggal

oleh -10 views
Press rilis Bupati Melawi bersama Satgas Covid-19 terkait peningkatan kasus positif Covid-19 di Melawi

MELAWINEWS.COM, Melawi – Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Melawi mengumumkan penambahan 44 kasus konfirmasi positif baru pada Kamis (29/4) malam, di Rumah Jabatan Bupati Melawi. Peningkatan kasus pada Kamis ini meningkat tiga kali lipat dari rata-rata kasus harian di Kabupaten Melawi.

Hal tersebut disampaikan Ketua Satgas Covid-19 sekaligus Bupati Melawi, Dadi Sunarya. Didampingi Wakil Bupati, Kluisen, tim satgas serta jajaran Forkopimda, Dadi juga mengumumkan tambahan satu kasus meninggal dunia di Nanga Pinoh.

“Kasus konfirmasi positif mengalami peningkatan pada Kamis dengan total positif 44 orang dari 93 sampel yang diperiksa. Satu orang juga meninggal dunia,” ujarnya.

Dadi mengatakan kenaikan ini berarti hampir 3 kali lipat dari jumlah kasus sebelumnya yang berkisar belasan. Dengan penambahan ini, ia pun menyampaikan sejumlah hal. Diantaranya meminta kepala OPD, Bank, kepala kantor pemerintahan dan swasta, pengurus tempat ibadah, pemilik hotel dan penginapan, pemilik tempat hiburan rekreasi, pemilik toko, swalayan dan tempat keramaian, agar segera membentuk satgas untuk menjamin pelaksanaan Prokes masing-masing.

“Memakai masker, menyediakan sarana cuci tangan dan menjaga jarak menjadi hal yang utama harus dilakukan,” pesannya.

Dadi juga meminta satgas di semua tingkat harus melaporkan ke puskesmas terdekat, siapapun yang bergejala atau diduga terpapar Covid-19 untuk dilakukan pemeriksaan swab.

“Bus atau taksi juga harus memastikan a penumpang dan awak kendaraan harus bebas Covid-19 sebelum memasuki kendaraan, dengan menunjukkan sekurang-kurangnya surat keterangan swab antigen,” katanya.

Dadi juga meminta masyarakat patuh melaksanakan Prokes dan melaporkan ke puskemas bila kontak erat dengan penderita Covid-19 atau mengetahui orang lain atau dirinya bergejala.

“Yang sedang dalam perawatan atau isolasi mandiri agar tetap semangat dan terus berikhtiar dan berdoa. Covid-19 bisa disembuhkan dengan ikhtiar dan berdoa maksimal. Pemkab Melawi turut berdukacita bagi keluarga yang anggotanya meninggal karena Covid-19,” katanya.