Gelar Silaturahmi, Kapolres Melawi Sambut Hangat Pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara

oleh -296 views
Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto didampingi Kasat Bimas AKP Haryono bersama Ketua dan Pengurus Pokdar Kamtibmas Melawi foto bersama usai gelar silaturahmi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Keluarga Besar Pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Kabupaten Melawi, Provinsi Kalbar, melaksanakan silaturahmi dengan Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, di gedung MABT Nanga Pinoh, Sabtu (2/7).

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, yang di dampingi Kasat Binmas AKP Haryono menyambut baik dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh Pengurus Pokdar Kamtibmas Melawi atas kehadiran pada kegiatan silaturahmi ini.

Penyerahan baju rompi Pokdar Kamtibmas dari Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, secara simbolis kepada Ketua Pokdar Kamtibmas Bhyangkara Melawi, Taufik
Selain silaturahmi, pertemuan juga dirangkai dengan penyerahan baju rompi POKDAR Kamtibmas dari Kapolres Melawi kepada seluruh Pengurus Pokdar Kamtibmas Melawi.

Selanjutnya Pengurus Pokdar Kamtibmas Melawi melakukan diskusi dengan agenda membahas rencana program kerja jangka pendek, menengah dan panjang, dipimpin langsung Ketua Pokdar Kamtibmas Melawi, Taufik.

Pada kesempatan silaturahmi itu, Kapolres menyampaikan, Pokdar Kamtibmas sebagai mitra dengan kepolisian dalam melayani Kamtibmas yang kondusif, dirinya mengajak seluruh Pengurus Pokdar Kamtibmas Melawi untuk mendukung Polri dalam menjaga Kamtibmas khususnya di wilayah hukum Polres Melawi.

Kapolres menjelaskan, Pokdar Kamtibmas merupakan garda terdepan dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat, yang juga memiliki pengaruh yang lebih besar diimbangi dengan peran Polisi guna hadir ditengah masyarakat, sehingga melebur menjadi satu kesatuan menangani permasalahan.

Dikatakan, tidak semua permasalahan yang timbul di masyarakat harus diselesaikan kepolisian, namun bisa diselesaikan dilingkungan masyarakat itu sendiri melalui pendekatan-pendekatan dengan upaya sosial, kultural dan kekeluargaan, salah satunya melalui peran Pokdar Kamtibmas.

Lebih jauh dikatakan Kapolres, keberadaan Pokdar Kamtibmas sebagai mitra Polisi dan pemerintah dalam menangani permasalahan yang timbul dilingkungan masyarakat dapat membantu tugas kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban dengan pendekatan preemtif, preventif dan solutif.

Kapolres berharap, kedepan Pokdar Kamtibmas dapat melakukan kegiatan penyuluhan dan pencegahan gangguan Kamtibmas dengan batasan-batasan tertentu serta berkolaborasi memberikan sosialisasi dan mengedukasi agar terwujudnya Kamtibmas yang kondusif khususnya di Melawi.

Ditempat yang sama, Ketua Pokdar Kamtibmas Melawi, Taufik, menyampaikan dengan adanya silaturahmi ini, Pokdar Kamtibmas Melawi bisa lebih semakin dekat, dan sinergi dengan Polri sesuai dengan visi dan misi Pokdar Kamtibmas mitra Polri dan bisa membantu tugas Polri menjaga Kamtibmas di wilayah Polres Melawi

Taufik menerangkan, Pengurus Pokdar Kamtibmas di Melawi ada sekitar 38 orang yang tergabung dari berbagai elemen masyarakat.

Maka dari itu, Taufik mengajak kepada seluruh Pengurus Pokdar Kamtibmas Melawi untuk mendukung dan menjadi kekuatan kerjasama masyarakat dengan Polisi, terutama dalam memberikan dukungan untuk menciptakan dan menjaga Kamtibmas di Kabupaten Melawi.

Taufik menjelaskan, soal program kerja Pokdar Kamtibmas kedepan, pihaknya akan bekerja sesuai dengan petunjuk AD/ART organisasi. Salah satunya dalam waktu dekat ini akan melakukan kunjungan kerja ke Pokdar Kamtibmas di kecamatan.

Dia membeberkan, adapun program kerja khusus Pokdar Kamtibmas Melawi diantaranya, melaksanakan rapat koordinasi lintas budaya, etnis dan paguyuban secara berkala, melaksanakan pembinaan penyuluhan pada anggota Pokdar Kamtibmas dan masyarakat dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa. Kemudian membantu menyelesaikan permasalahan Kamtibmas yang timbul di Kabupaten Melawi.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Melawi, AKP Haryono, menambahkan, tanpa dukungan masyarakat, Polisi tidak dapat bekerja sendiri menyelesaikan persoalan Kamtibmas.

“Melalui Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat menjadi pembawa penyelesaian masalah yaitu dengan menjalin komunikasi baik bersama masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan AKP Haryono, peran penting Pokdar Kamtibmas membantu Polisi dalam menyelesaikan masalah yang timbul di masyarakat sangat dibutuhkan sebagai mitra.