Ini Sebabnya Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ditunda

oleh -92 views
H. Dadi Sunarya UY dan Kluisen, Bupati dan Wakil Bupati Melawi terpilih

MELAWINEWS.COM, MELAWI- Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Melawi terpilih urung digelar pada 17 Februari esok. Kemendagri memutuskan untuk mengundurkan waktu pelantikan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Melawi, Paulus, Senin (15/2) malam.

“Berdasarkan penjelasan Dirjen OTDA kemendagri bahwa pelantikan Bupati/Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada 2020 yang seharusnya dilaksanakan tanggal 17 Februari 2021 bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan bupati periode 2016 – 2021 diundur pada akhir Februari 2021,” jelasnya.

Paulus menerangkan pelantikan akan dilakukan secara virtual di daerah kabupaten kota masing masing. Keterlambatan ini disebabkan masih ada kendala terhadap proses penerbitan SK oleh kemendagri karena keterlambatan pengusulan dari kabupaten/kota serta proses di MK.

“Oleh karena itu untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah gubernur menunjuk Sekda sebagai Plh Bupati sampai bupati wakil bupati terpilih dilantik,” katanya.

Dilanjutkan Paulus, pada tanggal 17 Februari karena berakhirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati periode 2016 – 2021 akan dilaksanakan penyerahan memori pelaksanaan tugas secara sederhana oleh bupati kepada plh bupati. Ia juga mengungkapkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih direncanakan digelar pada 25-27 Februari mendatang

Paulus mengungkapkan jajarannya sudah sangat siap bila memang pelantikan digelar pada 17 Februari sesuai dengan masa berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Melawi periode 2016-2021.

“Kita sudah beberapa kali rapat persiapan daerah dalam rangka mempersiapkan pelantikan itu,” ujarnya.

Terkait ditunjuknya Sekda sebagai PLH Bupati, Paulus mengatakan Siapapun ditunjuk tentu tidak ada masalah. Karena bila ditunjuk pelaksana harian dirinya pun siap melaksanakan tugas dengan baik, tentu dengan batasan-batasan agar roda pemerintahan bisa berjalan.

Sementara itu Gubernur Kalbar, Sutarmidji melalui laman facebooknya mengatakan, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih terpaksa ditunda.

“”Assalamu’alaikum. Karena banyak yang tanya kapan pelantikan Bupati terpilih, saya perlu jelaskan, Pelantikan di perkirakan tgl 25 Februari 2021. Sementara sekda ditunjuk sbg Pelaksana Harian Bupati. Sabar ye bapak bapak yg terpilih. Sambil nunggu tgl 25 bagus sosialisasi Protokol kesehatan utk Covid 19. Karena nunggu tanggal 25 itu lama juga, ade yg duduk sendiri di taman catur,” kata Gubernur. (**)