Yessy Melania Buka Akses Permodalan Perikanan Kapuas Hulu

oleh -43 views
Foto bersama usai kegiatan

MELAWINEWS.COM, KAPUAS HULU – Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kalbar 2 dari Fraksi NasDem, Yessy Melania menyelenggarakan ekspos Temu Teknis Akses Permodalan UMKM Perikanan bersama LPMUKP KKP RI, di Desa Jongkong Kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalbar, Kamis (06/19/2022).

Dalam kegiatan tersebut hadir UMKM Perikanan Jongkong, yang diharapkan pelaku UMKM di daerah itu naik kelas. Dalam kesempatan ini, sebagai narasumber dari LPMUKP Pusat KKP RI dan BRI Cabang Tepuai sebagai pendukung modal kedepannya.

Yessy, dalam sambutannya melalui Tenaga Ahli Bidang Kelautan dan Perikanan, Yesaya Pamungkas mengungkapkan tujuan kegiatan diantaranya untuk merealisasikan keinginan para pelaku UMKM dalam mengakses modal hingga peningkatan kesejahteraan, pengelolaan produk dan perluasan pasar bagi pelaku UMKM Perikanan di Kabupaten Kapuas Hulu.

Yesaya menyampaikan, bahwa dana bergulir BLU LPMUKP KKP RI bisa dimanfaatkan oleh perorangan, kelompok, koperasi, dan badan usaha. Tarifnya pun terjangkau 3% diluar provisi dan administrasi. Dana yang tersedia hingga 1,3 Triliun.

“Para pelaku UMKM dapat memanfaatkan dari kategori usaha mikro, kecil dan menengah. Dananya mulai 0 sampai Rp 10 miliar. Tentu persyaratan dan ketentuan berlaku melihat RAB dan jebutuhan anggaran bagi oengembangan UMKM Perikanan, sehingga dapat akses pembiayaan BLU LPMUKP,” ungkapnya.

Dijelaskan, data dari KalBar II hanya mampu menyerap Rp 3 miliar per tahun berdasarkan data PPL LPMUKP hingga tahun 2022 ini.

“Kiranya kita bersama bisa menggembangkan usaha sektor perikanan Kabupaten Kapuas Hulu kedepan, karena masih banyak potensi perairan umum yang dapat dimaksimalkan kedepan,” jelasnya.

Turut hadir pada acara tersebut, antara lain PLT Kadis Perikanan, Anggota DPRD, pengusaha perikanan di lungkup Kabupaten Kapuas Hulu.