Polisi Paparkan Potensi Terganggunya Kamtibmas dalam Pemilu 2024

oleh -361 views
Kabag Ops Polres Melawi, Kompol Aang Permana, menyampaikan paparannya terkait peran Polri dalam menciptakan Kamtibmas dalam penyelenggaraan Pemilu serentak 2024

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Kabag Ops Polres Melawi, Kompol Aang Permana, menyampaikan paparannya terkait peran Polri dalam menciptakan Kamtibmas pada penyelenggaraan Pemilu serentak 2024.

Materi ini disampaikan Kompol Aang Permana pada kegiatan Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024, yang diselenggarakan KPU Melawi di salah satu hotel di Nanga Pinoh, Rabu (14/09/2022).

Kompol Aang Permana mengatakan, potensi terganggunya Kamtibmas dalam setiap tahapan Pemilu 2024 nanti bisa saja terjadi, termasuk di Pilkades serentak di Kabupaten Melawi yang akan digelar pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Dikatakan, salah satu sumber yang bisa memicu gangguan Kamtibmas adalah melalui penyebaran informasi hoaks. Menyikapi hal itu, Kompol Aang mengajak masyarakat bijak menggunakan media sosial.

Dia meminta, masyarakat menyaring terlebih dahulu apabila menerima sebuah informasi, khususnya dari media sosial.

Untuk pengamanan, lanjut paparannya, diantaranya pada tahapan distribusi logistik, kegiatan kampanye, pemungutan, penghitungan suara, sampai rekapitulasi di tingkat nasional.

Dia menjelaskan, semua kegiatan tahapan, kepolisian akan terlibat aktif dalam pengamanan kegiatan Pemilu serentak 2024 nanti.

Lebih lanjut dikatakan, menghadapi pemilu nanti, pihaknya akan merumuskan pengamanan untuk setiap tahapan pemilu itu melalui operasi.

Namun ia belum merincikan lebih detail kapan operasi tersebut mulai dilaksanakan.

“Yang pasti, Polri akan menggelar operasi yang dinamakan Operasi Mantap Brata, dari tingkat Mabes sampai tingkat Polres jajaran,” jelasnya.

Ia memastikan, Polri siap mengamankan penyelenggaraan dan tahapan Pemilu Serentak 2024.