Tertunda Dua Tahun Akibat Pandemi, Festival Rembulan Kembali Digelar di Melawi

oleh -428 views
Ketua MABT Melawi, Taufik, bersama sejumlah warga Tionghua di Kabupaten Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Masyarakat Tionghoa di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, akan merayakan budaya Festival Rembulan atau Festival Pertengahan Musim Gugur.

Festival Rembulan yang juga biasa disebut Festival Kue Bulan ini merupakan perayaan terbesar kedua bagi masyarakat Tionghoa, setelah tahun baru Imlek. Festival ini jatuh setiap tanggal 15 bulan ke-8 pada kalender tradisional China.

Dalam perayaan ini, masyarakat Tionghoa biasanya menyemarakkannya dengan penyajian kue bulan.

Ketua Majelis Adat Budaya Tionghua (MABT) Kabupaten Melawi, Taufik, mengungkapkan, Festival Rembulan yang sempat ditiadakan akibat pandemi covid-19 selama dua tahun terakhir akan kembali digelar secara terbuka tahun 2022 ini.

Untuk menyemarakkan tradisi tersebut, lanjut Taufik, pada puncak perayaan nanti pihaknya akan menyuguhkan berbagai hiburan tradisinal budaya Tionghua dan mengundang artis singer dari Surabaya ( LINGLING).

“Puncak perayaan tradisi ini dipusatkan dihalaman gedung MABT Kabupaten Melawi di Kota Nanga Pinoh, Sabtu (10/9/2022) malam,” ujar Taufik, Minggu (04/09/2022).

Dia berharap, kehadiran masyarakat Kabupaten Melawi dan warga Tionghua khususnya ikut serta meramaikan acara Festival Rembulan tersebut. Meski demikian, masyarakat tetap diminta menerapkan protokol kesehatan.