Diguyur Hujan, Jembatan di Jalan Trans Kalimantan Ella Hilir Roboh Tergerus Longsor

oleh -491 views
Lokasi longsor dan jembatan yang roboh terletak di jalur Jalan Trans Kalimantan wilayah Dusun Engkawang, Desa Kalan

MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR – Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Melawi beberapa hari terakhir, mengakibatkan air di anak Sungai Putai di Dusun Engkabang, Desa Nanga Kalan, Kecamatan Ella Hilir, meluap hingga membuat satu jembatan roboh tergerus longsor.

Lokasi longsor dan jembatan yang roboh terletak di jalur Jalan Trans Kalimantan wilayah Dusun Engkawang, Desa Kalan ini menghubungkan ke Desa Nanga Nyuruh, Nanga Kempangai, Kerangan Kora, Jabai dan Desa Penyuguk terputus.

Akibat bencana yang terjadi pada Rabu (24/8) tersebut, Jalan Trans Kalimantan di wilayah itu sebagai akses utama warga sekaligus jalur utama lumpuh tak bisa dilewati.

Informasi yang dihimpun dari Kapolsek Ella Hilir, Iptu Widaya, mengatakan akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan baik mobil maupun motor bahkan pejalan kaki tidak bisa melintas.

Iptu Widaya melanjutkan, agar jalan tersebut bisa dilalui sementara oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki, pihaknya bersama TNI dan warga setempat bergotong royong membangun jembatan sementara menggunakan material kayu.

“Untuk sementara ini jembatan hanya bisa dilintasi roda dua dan pejalan kaki. Demi kelancaran lalu lintas masyarakat, aparat Polisi, TNI bersama masyarakat membangun jembatan darurat yang terbuat dari kayu,” ujar Iptu Widaya, Kamis (25/8).

Iptu Widaya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati melintasi jembatan darurat yang dibangun terutama pada malam hari, menginggat tidak adanya penerangan di lokasi jembatan yang dibangun.

Sementara itu, Pj Danramil 1205-13 Ella Hilir, Peltu Iwan Apri P. Saragih menambahkan, kehadiran personelnya merupakan bentuk sinergitas TNI- POLRI guna membantu masyarakat.

“Ini adalah bentuk kepedulian dan sinergitas kami dalam membantu masyarakat,”.

“Kepada masyarakat agar berhati-hati, tingkatkan kewaspadaan, selalu melihat perubahan alam yang terjadi,” pungkasnya.