49 Desa di Melawi Pilkades Serentak, Berikut Daftar Desanya

oleh -936 views
Ilustrasi Pilkades Serentak. Pelantikan Kepala Desa Terpilih tahun 2021 di Kabupaten Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Sebanyak 49 desa yang tersebar di 10 kecamatan di Pemerintah Kabupaten Melawi akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi, Hasanuddin, menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan pelaksanaan Pilkades Serentak, mulai menyusun sejumlah langkah untuk mensukseskan pesta demokrasi tingkat desa ini.

“Aspek dukungan baik dalam proses pemungutan suara hingga pengamanan juga menjadi perhatian bersama stakeholder terkait,” ujar Hasanuddin, belum lama di ruang kerjanya.

Hasanuddin mengungkapkan, total ada 10 Kecamatan dengan 49 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa. Pada 49 desa yang mengadakan pilkades nantinya akan tersebar 157 tempat pemungutan suara (TPS).

Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Melawi, Budiman, menambahkan, pelaksanaan Pilkades akan digelar serentak pada 19 Oktober mendatang dan tahapan Pilkades saat ini sudah mulai berjalan.

“Jika tak ada halangan, pelaksanaan pemungutan suara, akan dilaksanakan pada 19 Oktober yang akan datang,” kata Budiman, baru-baru ini di ruang kerjanya.

Budiman berharap, mulai tahapan hingga pelaksanaan Pilkades serentak nanti bisa berjalan lancar, sukses, tertib, kondusif dan sesuai tahapan yang telah direncanakan.

“Mohon kerjasama semua pihak untuk menyukseskan tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkades serentak 2022 ini,” harapnya.

Berikut daftar desa yang akan menggelar Pilkades serentak 2022:

Kecamatan Belimbing 8 desa yakni Desa Batu Buil, Batu Nanta, Tekaban, Balai Agas, Nusa Kenyikap, Sepan Tonak, Upit dan Belonsat.

Kecamatan Belimbing Hulu 3 desa yakni Desa Nanga Keberak, Nanga Tikan dan Beloyang.

Kecamatan Ella Hilir 1 desa yakni Desa Nanga Kempangai.

Kecamatan Menukung 4 desa yakni Desa Nanga Melona, Nanga Siyai, Laman Mumbung dan Nanga Keruap.

Kecamatan Nanga Pinoh 2 desa adalah Desa Tembawang Panjang dan Tanjung Sari.

Kecamatan Pinoh Utara 3 desa yakni Desa Manding, Tekelak dan Merah Arai.

Kecamatan Sayan 7 desa yakni Desa Nanga Sayan, Pekawai, Landau Sadak, Madya Raya, Kerangan Purun, Bora dan Nanga Pak.

Kecamatan Sokan 7 desa yakni Desa Tanjung Sokan, Gelata, Nanga Libas, Telaga Raya, Teluk Pongkal, Penyengkuang dan Sepakat.

Kecamatan Tanah Pinoh 10 desa yakni, Desa Loka Jaya, Suka Maju, Bina Jaya, Mading Raya, Tanjung Beringin Raya, Pelita Kenaya, Maris Permai, Keranjik, Tanjung Gunung dan Bata Luar.

Kecamatan Tanah Pinoh Barat 4 desa yakni Desa Ulak Muid, Harapan Jaya, Bukit Raya dan Ganjang.