Kembali Pimpin IPSI Melawi, Iif Usfayadi Berkomitmen Meningkatkan Prestasi Atlet

oleh -96 views
Prosesi pelantikan Pengurus PC IPSI Kabupaten Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Anggota DPRD Kabupaten Melawi, Iif Usfayadi, kembali diberikan kepercayaan untuk memimpin Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (PC IPSI) Kabupaten Melawi Periode 2021-2025.

PC IPSI Kabupaten Melawi ini pun resmi dilantik oleh Ketua Umum IPSI Kalbar, di Gedung Serba Guna Nanga Pinoh, Minggu (19/6).

Ketua PC IPSI Kabupaten Melawi, Iif Usfayadi menegaskan komitmennya untuk meningkatkan prestasi serta membina atlet pencak silat kabupaten Melawi. Apalagi sudah terbukti dalam berbagai ajang even tingkat kabupaten maupun provinsi, Silat menjadi salah satu cabang olahraga yang kerap menghasilkan medali bagi kabupaten Melawi.

“Agenda IPSI di tahun ini ada tiga. Yang pertama yakni pelatihan wasit dan juri. Kemudian pelantikan ini. Setelah ini digelar turnamen setingkat kabupaten Melawi. Intinya untuk menjaring atlet-atlet kabupaten Melawi yang akan dipersiapkan IPSI untuk menghadapi Porprov mendatang,” kata Iif.

IPSI, lanjut Iif, akan membina atlet muda sebagai bibit-bibit atlet agar proses regenerasi atlet silat di kabupaten Melawi terus berjalan. Tak hanya dari sisi atlet, namun juga bagi para pesilat senior yang sudah mengikuti pelatihan wasit dan juri juga diharapkan tak hanya terlibat dalam turnamen lokal saja.

“Untuk meningkatkan kapasitas dan ilmu teman-teman, kami juga siap mengirimkan untuk pelatihan di tingkat provinsi,” katanya.

Melawi, lanjut Iif juga siap menjadi tuan rumah untuk pelatihan tersebut. Termasuk agenda provinsi lainnya berkaitan dengan turnamen silat rutin, Melawi juga siap sebagai tuan rumahnya.

“Karena Gedung yang ada di Melawi cukup memadai untuk melaksanakan turnamen di tingkat kabupaten maupun provinsi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum IPSI Provinsi Kalbar, Andi Ridwan mengatakan dalam mengurus pencak silat, perlu ada keikhlasan karena organisasi ini bukan organisasi profit. Dalam organisasi ini dituntut bekerja ikhlas.

“Karena itu saya minta pengurus yang dilantik, ikut membantu ketua. Fokus untuk menjalankan program kerja beliau. Jangan sampai ketua bekerja sendiri. Karena banyak kasus organisasi olahraga ini hanya diurus tiga orang, ketua umum, sekretaris dan bendahara umum,” pesannya.

Andi menyampaikan agar perhatian pada organisasi ini bisa diberikan dengan maksimal dengan kelangsungan pencak silat kedepan. Ia mengatakan, ada empat pilar yang menjadi landasan kerjanya dalam memajukan pencak silat di Kalbar.

“Yang pertama yaitu pembenahan organisasi, karena selama ini kita lemah dalam organisasi. Makanya setelah dilantik, saya sosialisasi dan konsultasi ke seluruh pengcab. Alhamdulillah, tinggal Sintang dan Putusibau yang belum dilantik,” katanya.

Andi mengatakan jangan terlihat gemuk saja susunan pengurusnya. Namun pembagian kerja juga harus jelas. Bila yang bekerja hanya dua tiga orang, organisasi ini tidak sehat. Selanjutnya, Andi menyampaikan pilar kedua adalah pengembangan SDM, salah satunya pelatihan wasit dan juri.

Mewakili Bupati Melawi, Silvani Umran berharap dengan dilantikanya kepengurusan ini bisa semakin memberikan dampak positif dalam upaya pelestarian budaya dalam kehidupan sehari-hari, agar sejalan dengan peran pemerintah daerah dalam melestarikan keragaman budaya yang ada.

“Saya mengapresiasi IPSI kabupaten Melawi telah menjadi salah satu wadah perguruan pencak silat dan pelestari pewaris budaya sehingga dapat terwujud serta dapat membentuk generasi muda yang berbudi pekerti luhur, kuat fisik, mental dan spiritual yang mampu menangkal pengaruh negatif, serta dapat mencetak atlet-atlet pencak silat dari seluruh perguruan yang ada di kabupaten melawi,” harapnya.