7 Olahraga Ringan di Pagi Hari yang Bisa Bikin Tetap Sehat

oleh -139 views
Ilustrasi. Seorang pria sedang olahraga berlari kebugaran di pagi hari

MELAWINEWS.COM, JAKARTA – Olahraga merupakan salah satu cara agar tubuh selalu sehat, selain makanan bergizi, hidup bersih, dan lainnya. Namun, banyak yang terkendala berbagai halangan untuk melakukannya. Padahal olahraga ringan di pagi hari dapat menjadi alternatif yang memadai.

Apa yang dimaksud dengan olahraga ringan di sini? Penjelasan sederhananya yaitu dengan tidak memerlukan banyak peralatan untuk melakukannya. Selain itu, kegiatan ini juga tidak membutuhkan waktu banyak.

Yang terpenting dari semuanya, yakni olahraga dilakukan secara rutin. Olahraga seperti diketahui, banyak manfaatnya.

Jika dilakukan sesekali dan Anda tidak menyediakan waktu khusus, maka hasilnya tidak optimal. Apa yang diharapkan tentang kesehatan kemungkinan kecil akan tercapai.

7 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari

Sebenarnya, olahraga bisa saja dilakukan kapan saja sesuai waktu longgar pribadi masing-masing. Misalnya seperti melakukan olahraga futsal di malam hari dengan teman-teman sepulang kantor.

Namun, waktu pagi hari lebih identik dengan olahraga. Banyak yang meyakini, waktu olahraga yang baik adalah dimulai secepatnya saat fajar telah nampak. Olahraga di pagi hari, bisa Anda melakukannya di sekitar waktu pukul 5 sampai 9 sore yang tentunya memiliki banyak manfaat.

Waktu ini akan membuat Anda terbiasa bangun pagi sehingga tidak tergesa-gesa melakukan aktivitas lain.
Selain itu, olahraga di pagi hari membuat dan memotivasi Anda untuk bersemangat melaksanakan kegiatan sepanjang hari.

Selanjutnya, udara di pagi hari masih sangat segar. Sangat pas untuk dihirup dan masuk ke dalam paru-paru dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Agar lebih mudah melaksanakannya secara rutin, olahraga ringan di pagi hari dapat dilakukan. Bayangkan, jika Anda bermain badminton atau tenis meja. Mungkin membutuhkan waktu dan peralatan lebih banyak.

Apa saja contoh olahraga ringan di pagi hari? Di bawah ini 7 di antaranya.

1. Berjalan Cepat dan Jogging

Berjalan cepat dan jogging sebenarnya hampir mirip. Jogging dapat dikatakan berjalan santai. Olahraga ini tergolong sangat ringan, karena Anda tidak memerlukan pemanasan lama untuk melakukannya.

Tidak ada alat apapun yang digunakan, cukup pakaian olahraga dan sepatu sesuai kebutuhan.

Tidak perlu lama asal konsisten, berjalan cepat dan atau jogging dapat dilakukan dengan berkeliling komplek sekitar 10 sampai 15 menit. Selain sehat kegiatan ini dapat membuat Anda lebih mengenal lingkungan sekitar.

2. Berlari

Contoh kedua dari olahraga ringan adalah berlari. Tidak seperti jogging yang dapat dikerjakan dengan santai, berlari merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan persiapan.

Anda perlu pemanasan sebelum berlari kecil. Hanya saja, berlari dapat dilakukan cukup di tempat. Apalagi jika cuaca pagi tidak mendukung.

3. Bersepeda

Meski menggunakan alat, bersepeda oleh beberapa orang digolongkan sebagai olahraga ringan.

Rata-rata masyarakat di perkotaan memilikinya. Tidak perlu sepeda khusus, untuk olahraga Anda bisa menggunakan jenis apa saja. Bersepeda bersama keluarga di pagi hari libur juga bisa membuat hubungan lebih baik dan stress hilang.

4. Senam

Selain ketiga hal di atas, senam juga merupakan olahraga yang mudah dan dapat dikerjakan di rumah. Anda bisa mencoba senam dari yang ringan hingga yang membutuhkan tenaga lebih.

Uniknya, bagi ibu rumah tangga senam sangat mudah dilakukan bersama anak-anak di rumah. Pilih saja senam yang ingin dikerjakan, Anda dengan mudah menemukannya di media sosial. Anak senang, ibu sehat dan bahagia.

5. Yoga

Pada dasarnya, senam termasuk senam menurut beberapa orang. Hanya saja gerakannya lebih tenang dan sedikit.

Anda hanya memerlukan karpet sebagai alas dan melakukan gerakan yang sama setiap hari selama 45 menit diulang-ulang. Jangan lupa, untuk Anda yang tidak pernah melakukannya, pilih yoga untuk pemula.

6. Stretching

Stretching adalah bentuk latihan fisik yang meregangkan otot tertentu. Anda juga dapat melakukannya dengan mencontoh sebuah video. Stretching bisa mengecilkan perut, memperbesar otot lengan, dan sebagainya.

7. Sit Up dan Push Up

Sit Up dan push merupakan gerakan olahraga yang sudah dikenal sejak lama. Push up menguatkan otot lengan, dengan menggerakkannya ke atas dan ke bawah. Olahraga ini mengharuskan Anda untuk menahan tubuh yang menghadap ke bawah.

Kebalikannya, sit up menghadap ke depan dan berbaring. Cara ini diperuntukkan beberapa pihak yang ingin menguatkan otot perut. Bagi yang sudah terbiasa, dua gerakan di atas menjadi mudah.

Tentu saja tidak semua dari olahraga di atas Anda lakukan. Anda bisa memilih yang paling mudah dan disenangi. Selebihnya, bisa saja semua olahraga dikerjakan secara bergantian dan terjadwal.

Yang penting manfaat olahraga pagi hari, terutama kesehatan dapat tercapai. Apalagi di masa pandemic Covid-19 yang dapat dikatakan belum usai.

Olahraga di Pagi Hari dengan Sepatu Nike

Meski semua olahraga di atas tidak menggunakan alat khusus yang merepotkan, penggunaan sepatu lebih disarankan. Sepatu membuat gerakan Anda lebih ringan dan tidak bertumpu kepada salah satu bagian kaki.

Namun, jangan salah memilih! Sepatu yang dimaksud haruslah sepatu khusus untuk olahraga. Bukan sepatu berhak atau model pantofel. Kedua jenis ini bukan membuat olahraga nyaman dan sehat. Kebalikannya Anda dapat mengalami nyeri otot.

Sepatu bagaimana sepatu yang tepat untuk olahraga ringan di pagi hari? Nike dapat menjadi opsi atau pilihan terbaik. Sepatu ini mempunyai beberapa kelebihan, antara lain kualitasnya nomor satu, karena dibuat dengan teknologi terbaru.

Anda tidak perlu khawatir, karena sepatu dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki. Tidak hanya itu, sepatu Nike dibuat dari bahan yang ramah lingkungan dan bisa Anda temukan di Blibli.com. Perusahaan sangat menyadari akibat dari bahan yang salah bagi masa depan bumi.

Terakhir, tentu saja karena sepatu merek ini mempunyai banyak model. Anda dapat menyesuaikan dengan olahraga yang dilakukan. Ada sepatu untuk senam, jogging, futsal, sepak bola, dan seterusnya.

Tidak diragukan lagi, apalagi jika membelinya di Blibli, marketplace terbaik yang menjamin kualitas.

Harga yang ditawarkan sangat menarik, karena ada official store juga. Untuk olahraga ringan di pagi hari, Nike menjadi pilihan bijak dan ekonomis di Blibli. Sepatu berkualitas dan tahan lama. Yuk, cek di Blibli.