Rumah Betang Khas Suku Dayak Sepanjang 17 Pintu Ludes Terbakar

oleh -504 views
17 pintu rumah Betang di Desa Batu Badak ludes terbakar

MELAWINEWS.COM MENUKUNG – Tujuh belas pintu rumah betang di Dusun Laman Oras, Desa Batu Badak, Kecamatan Menukung, Melawi, ludes di lalap si jago merah, Senin (3/4) sekitar pukul 17.20 WIB.

Kapolsek Menukung, Iptu.Tri Jumadi, mengatakan, menurut keterangan warga, insiden tersebut disebabkan api tungku dapur menggunakan kayu bakar.

“Namun, penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Menukung,” kata Kapolsek, Senin (4/4).

Akibat kebakaran yang terjadi, lanjut Kapolsek, korban luka bakar sebanyak 2 orang yaitu Sito (41) dan Hero (21) segera dievakuasi guna mendapatkan pertolongan medis di Puskesmas Menukung,bsedangkan 1 korban lainnya di rujuk ke RSUD Melawi.

Kapolsek menambahkan, sebanyak 27 KK kehilangan tempat tinggal dan saat ini telah mengungsi sementara di rumah warga dan keluarga mereka. Sementara kerugian materi belum dapat di taksir.

Kepala Desa Batuk Badak, Damianus Enus, menjelaskan, selain membakar rumah betang, api juga menghanguskan 2 rumah warga yang tidak jauh dari rumah betang, 5 lumbung berisi padi, 7 sepeda motor serta mesin penggiling padi.

“Untuk meringankan beban warga, pihak Pemerintah Desa Batu Badak telah memberikan bantuan berupa sembako yang terdiri dari beras, telur, mi instan, dan sarden kaleng,” ujar Kades, Senin (4/4), di hubungi melalui sambungan selurer.