Demi Minyak Goreng Murah, Ratusan Warga Antri Sejak Pagi

oleh -363 views
Antrian warga yang mengisi ken minyak goreng

MELAWINEWS. COM, Melawi – Halaman Polsek Nanga Pinoh diwarnai antrian panjang warga, Selasa (29/3). Ratusan orang ini datang untuk mendapatkan minyak goreng curah dengan harga miring. Walau baru dimulai pada pukul 09.00 WIB, warga yang didominasi ibu-ibu ini sudah datang sejak pukul 06.30 WIB.

Operasi pasar murah minyak goreng digelar Polres Melawi dengan bekerja sama CV Pilihan Terbaik. Total disiapkan 2 ton minyak goreng. Setiap warga bisa membeli maksimal 5 kilogram dengan harga per kilo Rp 15.500. Harga ini jelas jauh lebih murah dari minyak goreng kemasan yang per liternya harus ditebus dengan harga Rp 26 ribu.

Seorang ibu-ibu di sela-sela mengantri minyak goreng mengungkapkan dirinya sudah datang ke Polsek Nanga Pinoh sejak pukul 06.00 WIB. Hal ini agar ia bisa mendapatkan antrian lebih depan.

“Ini juga sudah lama menunggu. Yang penting bisa dapat minyak goreng dengan harga murah. Dah beberapa bulan ini, harga minyak goreng sangatlah mahal, bahkan sulit dapatkan stoknya, ” keluhnya.

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurhajanto mengungkapkan operasi pasar minyak goreng di Polsek Nanga Pinoh dikhususkan untuk masyarakat Melawi.

“Dipersiapkan ada 2 ton untuk mencukupi kebutuhan minyak goreng di Nanga Pinoh,” katanya.

Kapolres mengisi ken milik warga yang ikut pasar murah minyak goreng di Polsek Pinoh

Selanjutnya, kata Sigit, akan dilaksanakan Operasi Pasar serupa di Kecamatan Belimbing dengan kuota 2 ton juga. Ia mengatakan pasar murah ini diharapkan dapat membantu masyarakat Melawi mendapatkan minyak goreng dengan harga murah.

“Dari pengecekan kita, saat ini stok minyak goreng juga mencukupi untuk kebutuhan kabupaten Melawi. Masyarakat tak perlu merasa khawatir, jangan sampai panic buying, membeli berlebihan. Belilah sesuai kebutuhan agar tidak terjadi kelangkaan,” pesannya.

Bupati Melawi, Dadi Sunarya menambahkan stok minyak goreng jelang Ramadan mencukupi bagi masyarakat Melawi. Namun, Pemda juga akan turun membantu dengan menggelar operasi pasar murah minyak goreng di kecamatan lain.

“Sementara memang baru akan digelar di dua kecamatan yaitu Nanga Pinoh dan Belimbing. Kecamatan lainnya akan kita pikirkan teknisnya, ” ujarnya.

Sementara itu, Piter, pemilik CV Pilihan Terbaik yang menjadi agen penyalur minyak goreng murah, mengungkapkan minyak goreng curah yang dijual di pasar murah ini memang dijual dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah yakni Rp 15.500 per kilogram.

“Hanya minyak curah yang harganya disubsidi pemerintah. Kalau untuk kemasan dijual dengan harga sesuai pasar. Sekitar Rp 26 ribu per liter,” katanya.

Stok minyak goreng kemasan, kata Piter saat ini belum masuk ke agennya. Namun ia memastikan saat Ramadan, kuota minyak goreng kemasan sudah kembali mencukupi.