Melawi Archery Championship II Digelar, Puluhan Pemanah Ambil Bagian

oleh -349 views
Ketua Perpani dan Asisten III Setda Melawi mencoba arena dan peralatan panahan dalam turnamen MAC II

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Melawi Archery Championship (MAC) II resmi dimulai Sabtu (19/3). Turnamen yang digelar Pengcab Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Melawi diikuti puluhan pemanah dari berbagai klub dan kabupaten di Kalbar.

Ketua panitia MAC II, Budiyanto dalam pembukaan turnamen di Komplek Agro Wisata P7T jalan KKLK, Nanga Pinoh menerangkan Melawi Archery Championship II merupakan program Pengcab Perpani Kabupaten Melawi.

” Tujuannya Memberikan akses olahraga panahan bagi generasi muda serta atlet panahan pada umumnya. Serta sarana pembelajaran bagi bibit atlet baru,” paparnya.

Budi menerangkan pelaksanaan turnamen di gelar di dua tempat yakni Agrowisata P7T serta Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan selama dua hari yakni pada Sabtu (19/3) dan Minggu (20/3). Ada dua kategori lomba yakni Barebow 30 meter dan 40 meter untuk kualifikasi serta Housebow dinamic dan statik. Total 68 peserta diberbagai kategori.

“Peserta berasal dari klub panahan dari berbagai kabupaten mulai dari Pontianak, Ketapang, Sambas, Sanggau, Sintang, Kubu Raya, Mempawah, Kapuas Hulu serta tuan rumah Melawi,” jelasnya.

Ketua Pengcab Perpani Melawi, Widya Rima mengungkapkan geliat olahraga panahan di Melawi sudah mulai nampak dalam beberapa tahun terakhir. Pihaknya juga sebenarnya merencanakan turnamen seperti ini bisa digelar setiap tahun.

“Namun wabah Covid-19 melanda sehingga gagal digelar pada tahun lalu,” katanya.

Legislator PKS ini menyampaikan target Perpani yakni mengintensifkan latihan panahan bagi pemanah muda dari beberapa klub di sejumlah lapangan panahan. Atlet panahan akan dibina dari usia dini mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Selain itu, program Perpani kedepan juga akan mengadakan kunjungan dan pertandingan antar klub .

“Kami juga akan meningkat fasilitas peralatan panahan. Alat panahan diharapkan bisa dibantu Pemkab Melawi nantinya,” katanya.

Kepada KONI Melawi, Widya mengharapkan agar KONI bisa mendorong agar Melawi bisa menjadi tuan rumah Porprov Kalbar untuk cabang panahan pada tahun ini.

“Kami juga akan sampaikan ke ketua Perpani Provinsi Kalbar,” ucapnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Melawi, Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Melawi, Joko Wahyono berharap turnamen MAC II, selain untuk menyalurkan hobi juga sebagai ajang silaturahmi memperkokoh persatuan dan semangat kebersamaan.

“Pemkab mengapresiasi kegiatan ini. Melalui ajang turnamen panahan jadikan momentum pembinaan mentalitas generasi muda untuk membentuk karakter insan yang sehat dan memiliki semangat juang. Sekaligus langkah strategi kita beraamsa dalam mengembangkan olahraga panahan di Melawi dan di Kalbar,” katanya

Joko juga berharap kegiatan ini bisa menjadi pemantik atlet panahan untuk berprestasi tidak hanya ditingkatkan lokal dan regional tapi juga nasional dan internasional.