Karakterdes Golkar Melawi Ciptakan Kader Tangguh dan Militan

oleh -843 views
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Melawi, Mashur, menyerahkan materi Karakterdes secara simbolis kepada perwakilan peserta karakterdes

MELAWINEWS.COM, Melawi – Ratusan peserta mengikuti Pelatihan Kader Penggerak Teritorial Desa (Karakterdes) di Nanga Pinoh, Sabtu (5/2). Dari pelatihan ini diharapkan tercipta kader tangguh dan militan untuk mengembalikan kejayaan Golkar di kabupaten Melawi.

Ketua DPD Golkar Melawi, Mashur saat pembukaan Karakterdes mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu bagian dalam rangka mensukseskan dan memenangkan Golkar Melawi pada 2024.

“Ini proses awal menjadi kader Golkar akan diciptakan kader Golkar yang potensial, tangguh, kuat dan militan untuk menghadapi pada Pemilu 2024,” ujarnya.

Mashur mengatakan target Golkar pada Pemilu 2024 meraih tujuh kursi DPRD Melawi sekaligus mengembalikan kejayaan Golkar. Langkah awalnya tentu dengan melakukan koordinasi dan pembinaan terhadap rekrutmen kader kader baru.

“Memenangkan pemilu, kita harus kompak, disiplin dan sama sama berjuang. Harus bahu membahu bersama mengembalikan kejayaan Golkar di Melawi. Optimis mengembalikan kejayaan partai kebanggaan,” ucapnya.

Mashur juga mengharapkan peserta Karakterdes dapat mengikuti secara seksama materi yang disampaikan instruktur. Ia berpesan, saat kembali kerumah lakukan sosialisasi pada masyarakat, sampaikan program terbaik partai. Karena sesuai dengan Program Semesta yang ia canangkan, Partai Golkar harus benar-benar nyata hadir ditengah masyarakat.

“Kader harus siap tempur dan berjuang bila ingin mengembalikan kejayaan Golkar di Melawi. Kita ditargetkan kader baru sebanyak 750 orang. Karena Karakterdes akan dijalankan sampai November. Kegiatan ini diharapkan tak sekedar seremonial semata,” katanya.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi Dan Keanggotaan DPD Golkar Provinsi Kalbar, Nugroho Henray Eka Saputra, menegaskan Karakterdes wajib hukumnya dilaksanakan DPD Kabupaten.

‘Karakterdes murni inisiatif di provinsi Kalbar untuk dimulai lagi. Ini jadi agenda utama karena kita mendapat informasi sebuah partai bisa memenangkan pertarungan baik legislatif, pilpres dan pilkada karena punya kader yang mumpuni,” katanya.

Karakterdes, lanjut Henray, bahkan sudah berjalan sejak era Soeharto. Kader ini petugas partai sekaligus pelaku yang memenangkan, mempromosikan dan mengajak untuk memilih partai Golkar.

“Kader ini bukan pengamat, dia harus menjadi pelaku agar jumlah simpatisan kader bertambah banyak,” ujarnya.

Henray menegaskan jumlah kader Melawi harus bertambah. Ada target kader baru di luar struktural partai. Mereka diajak untuk memperkuat partai.

“Karakterdes ini jangan hanya sekali. Diselenggarakan juga di kecamatan dan desa. Tak harus mewah, tapi bisa juga digelar di rumah-rumah. Golkar kalbar berkomitmen merekrut sebanyak-banyaknya kader baru. Kita jangan terjebak dengan romantisme masa lalu bahwa kita partai besar. Kita harus terus, di-update agar terus terbentuk kader baru,” pesannya.

Ketua Panitia Karakterdes, Hendri Ispriadi mengungkapkan ada 160 peserta Karakterdes yang hadir dari tujuh kecamatan ditambah pengurus kabupaten Melawi dan Hasta Karya Golkar Melawi. Sedangkan Pemateri Karakterdes dari pengurus DPD Golkar Provinsi Kalbar.