Harap Jalan Melawi-Seruyan Terhubung

oleh -263 views
Pemkab Melawi dan Pemkab Seruyan jalin kerjasama pembangunan infrastruktur dan kesehatan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Dalam rangka meningkatkan kerjasama daerah, Pemerintah Kabupaten Melawi dan Pemerintah Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah melakukan penandatangan kesepakatan bersama (MoU) kerjasama pembangunan daerah.

Penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dengan Bupati Seruyan, Yulhaidir di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Seruyan, Rabu (19/01/2022).

Hadir juga pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Hendegi Januardi Usfa Yursa, Forkopimda Kabupaten Seruyan, Unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Katingan, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua GOW, dan Para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi maupun di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan.

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengungkapkan kunjungannya bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi ke Kabupaten Seruyan selain untuk meningkatkan kerjasama pembangunan, juga untuk mempererat silaturahmi dan menjalin persahabatan diantara kedua Pemerintah Daerah.

“Kerjasama pembangunan antar daerah ini dimaksudkan untuk memantapkan hubungan keterkaitan antar daerah, meningkatkan keterpaduan dalam pengelolaan berbagai program kegiatan pembangunan, serta sinergitas pemanfaatan dan pengembangan potensi daerah”, ungkapnya.

Bupati juga mengatakan fokus awal kerjasama dengan Kabupaten Seruyan adalah bidang kesehatan dan bidang infrastruktur. Menurutnya, secara geografis Kabupaten Seruyan adalah daerah tetangga sehingga dibutuhkan keterbukaan akses jalan antara Seruyan dan Melawi.

“Jalan nasional yang dibangun melalui dana APBN dari Kabupaten Melawi sampai ke perbatasan Kabupaten Seruyan diharapkan bisa selesai tahun ini. Tentunya kita semua berharap akses jalan antara Kabupaten Melawi dan Kabupaten Seruyan bisa tersambung sehingga jarak tempuh akan semakin singkat dan memudahkan aktivitas perekonomian”, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati Melawi menyambut baik dan mendukung terciptanya kerjasama antara dinas kesehatan Kabupaten Seruyan dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Melawi tentang pelayanan rujukan dari fasilitas kesehatan milik Pemerintah Kabupaten Seruyan.

“Saya berharap dengan adanya perjanjian kerjasama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan dan RSUD Melawi akan semakin mempermudah masyarakat Seruyan yang tinggal di wilayah perbatasan Seruyan dan Melawi dalam memperoleh akses layanan kesehatannya. Jadi saya minta pihak RSUD Melawi bisa memfasilitasi saudara-saudara kita yang tinggal di perbatasan Seruyan dan Melawi untuk dapat memperoleh pelayanan kesehatan maupun pelayanan rujukan di RSUD Melawi”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Seruyan, Yulhaidir menyambut baik adanya kunjungan jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi di Kabupaten Seruyan sekaligus penandatangan MoU kerjasama di bidang pembangunan daerah dan perjanjian kerjasama di bidang kesehatan.

“Dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Seruyan dengan Pemerintah Kabupaten Melawi”, ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Seruyan mengungkapkan bahwa salah satu bentuk perjanjian kerjasama adalah untuk menjamin kelangsungan penanganan terhadap pasien rujukan dari Kabupaten Seruyan yang tidak mempunyai jaminan kesehatan dan tidak mampu, serta peserta BPJS Mandiri Kelas III ke RSUD Melawi.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Melawi dalam hal pelayanan kesehatan dan rujukan bagi masyarakat Kabupaten Seruyan yang tinggal di perbatasan Seruyan dan Melawi”, ungkapnya.

Bupati Seruyan juga berharap pembukaan akses jalan antara dua Kabupaten tersebut bisa benar-benar terealisasi secepatnya.

“Walaupun ada sejumlah tantangan dalam hal pembukaan akses jalan ini karena terkendala status hutan lindung, namun kita akan tetap berupaya menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait agar keterbukaan akses antara Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Melawi bisa cepat terealisasi, apalagi pembangunan jalan dari Kabupaten Melawi sudah sampai ke perbatasan Seruyan”, ungkapnya.

Menutup sambutannya, Bupati Seruyan berharap kerjasama yang dilaksanakan antara Pemkab Melawi dan Pemkab Seruyan dapat berjalan baik dan saling terbina komunikasi yang baik. (Humas/Fariz)