Pemkab Melawi Gelar Tes SKB CPNS, 16 Formasi Kosong

oleh -178 views
Ilustrasi tes SKB CPNS

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pemkab Melawi telah selesai menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS yang digelar selama dua hari yakni pada Senin dan Selasa (6-7 Desember).

Kepala BKPSDM Melawi, Jaya Sutardi mengungkapkan SKB diikuti 420 peserta yang telah dinyatakan lulus pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKB) beberapa waktu lalu.

“420 peserta SKB mengikuti seleksi pada 6 dan 7 Desember. Pada Senin ada empat sesi, dan Selasa ini ada tiga sesi,” ujarnya.

Pelaksanaan SKB juga menggunakan perangkat CAT dimana peserta mengerjakan 100 soal dengan durasi waktu 90 menit. Pelaksanaan tes juga menerapkan protokol kesehatan dimana seluruh peserta diwajibkan menunjukkan hasil rapid tes antigen atau PCR sebelum memasuki ruangan tes.

“Hasil SKB ikut menentukan siapa yang nantinya akan dinyatakan lulus sebagai CPNS di tiap formasi,” ungkapnya.

Jaya mengungkapkan pada penerimaan CPNS tahun 2011 di kabupaten Melawi terdapat 16 formasi CPNS yang kosong. Sebagian besar dikarenakan tidak ada pelamar. Namun, kebijakan dari BKN ada kemungkinan nantinya formasi yang dikosong diisi atau dialihkan dari jabatan dan kualifikasi pendidikan yang sama, namun dari unit penempatan atau lokasi kebutuhan yang berbeda.

Hal ini diatur melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN RB) Nomor 27/2021 tentang Pengadaan PNS, pasal 48 dimana salah satu isinya menyebutkan jika instansi daerah juga masih terdapat kebutuhan yang tidak terpenuhi, dapat diisi dari pelamar pada kebutuhan umum dan kebutuhan khusus lainnya, yang memiliki jabatan dan kualifikasi pendidikan sama dari unit penempatan/lokasi kebutuhan berbeda, serta memenuhi nilai ambang batas SKD kebutuhan umum dan berperingkat baik.

“Finalisasi formasi didapat setelah pengumuman akhir. Formula pengalihan formasi kosong nanti di BKN yang menentukan, bukan Pemda,” jelas Jaya.