Jalan Nanga Pinoh-Ella Rusak Berat, Warga Minta Pemerintah dan Perusahaan Sawit Bertindak

oleh -348 views
Satu titik jalan rusak di kawasan Desa Semadin Lengkong, menyebabkan kendaraan roda empat dan truk pengangkut tandan buah sawit kerap amblas dan terguling

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Jalan kabupaten poros Nanga Pinoh-Ella kini kembali mengalami rusak cukup parah disejumlah titik banyak dikeluhkan.

Akibat kondisi jalan yang rusak membuat beberapa kendaraan terperosok, bahkan beberapa kendaraan roda empat dan truk pengangkut tandan buah sawit sering terguling saat melintasi ruas jalan rusak di kawasan Desa Semadin Lengkong, Kecamatan Nanga Pinoh.

Satu warga, Adung, menyebut, penyebab kendaraan roda empat hingga truk pengangkut tandan buah sawit sering kali terbalik akibat kondisi jalan yang sudah berlubang dan licin berlumpur.

Dia pun mengaku prihatin dengan kondisi jalan rusak, yang menyebabkan kendaraan roda empat sering amblas hingga terbalik. Menurutnya ada dua titik kondisi badan jalan yang sangat rusak di kawasan Desa Semadin Lengkong.

“Terlebih, jalan ini semakin hancur akibat sering diguyur hujan beberapa hari terakhir, membuat jalan berlubang dan berlumpur, hingga menyulitkan kendaraan melintasi ruas jalan yang rusak,” ujar Adung, Selasa (7/12/2021).

Sementara itu, seorang sopir truk bermuatan sembako, Lideh, mengatakan, ruas jalan Nanga Pinoh-Ella dalam kondisi rusak berat yang berada di area Desa Semadin Lengkong.

“Tidak jarang kondisi jalan tersebut membuat para pengendara harus berjibaku dengan lubang berlumpur untuk dapat melintas. Kadang amblas dan terguling. Tak hanya itu kendaraan pun banyak rusak, saat memaksa melintas,” ujar Lideh, Selasa (7/12/2021).

Lideh pun mengaku sedih dan kecewa melihat kondisi jalan rusak yang menjadi kewenangan Pemkab Melawi tersebut.

Dia berharap agar Pemkab Melawi melalui instansi terkait dapat segera melakukan perbaikan terhadap jalan yang menjadi penghubung antar kecamatan ini, karena kondisinya sudah benar-benar parah dan membahayakan pengendara yang melintasinya.

“Yang terhormat Bapak Bupati Melawi Dadi Sunarya UY dan bapak ibu wakil rakyat yang kami percaya. Kapan jalan kami akan diperbaiki biar kami lancar mengais rezeki. Semakin hari jalan makin parah. Kami berharap jelang perayaan Natal dan tahun baru nanti ada tindakan perbaikan dari Pemkab Melawi,” harapnya.

Selain itu Lideh juga berharap kepada perusahaan kelapa sawit yang berinvestasi di daerah itu, membantu pemerintah setempat memperbaiki jalan tersebut.