Menukung Kembali Dikepung Banjir, Area Pasar Capai Ketinggian Air 2 Meter

oleh -231 views
Banjir susulan kembali merendam pusat pasar Kecamatan Menukung di Desa Menukung Kota. Ketinggian air capai dua meter

MELAWINEWS.COM, MENUKUNG – Meski sempat surut, kini sejumlah kawasan di Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi, kembali terendam banjir akibat luapan Sungai Melawi, pada Jumat (12/11/2021).

Satu wilayah yang terdampak banjir adalah kawasan pusat pasar Kecamatan Menukung yang berada di Desa Menukung Kota. Wilayah ini memang seringkali terendam banjir saat hujan dengan intensitas tinggi terjadi di perhuluan

Kepala Dusun Sagu Permai, Desa Menukung Kota, Mohermansyah mengungkapkan, jika banjir di pusat pasar Menukung ini kembali datang setelah sempat surut selama beberapa hari.

“Sempat surut beberapa hari, namun banjir lagi karena curah hujan tinggi,” kata Mohermansyah, Jum’at (12/11/2021).

Dia mengatakan, hujan yang mengguyur dengan intensitas tinggi di perhuluan seharian, menyebabkan banjir mulai merendam rumah penduduk dan rumah toko dikawasan pasar sejak Kamis (11/11/2012) sore.

Mohermansyah menyebut, hingga pagi ini air masih terus naik menggenangi rumah-rumah penduduk sudah mencapai 1 – 2 meter.

Menyikapi hal itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau kepada warga untuk selalu mengantisipasi dan mewaspadai terjadinya banjir susulan. Terlebih bagi warga yang pemukiman berada di tepian sungai besar.

Kepala BPBD Melawi Syafarudin mengatakan, bahwa laporan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), potensi hujan sedang dan lebat masih memungkinkan berlanjut, di sebagian wilayah Kabupaten Melawi.

Dia mengungkapkan, sejak dua pekan terakhir, curah hujan memang sangat tinggi melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Melawi.

“Kita mengimbau kepada warga untuk mengantisipasi dan selalu mewaspadai potensi banjir susulan, maupun cuaca yang tergolong ekstrem,” kata Syafarudin, Jum’at (12/11/2021).