Bupati Dadi: Pemkab Melawi Mendukung Pembentukan PN

oleh -186 views
Bupati Melawi Dadi Sunarya UY

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Wacana pembentukan Kantor Pengadilan Negeri (PN) Melawi pun muncul, apalagi mengingat saat ini sudah ada Pengadilan Agama (PA) di Kabupaten Melawi.

Usulan untuk mendorong pembentukan Pengadilan Negeri Melawi pun muncul saat digelar penandatanganan nota kesepahaman antara PN Sintang dan Pemkab Melawi.

Ketua PN Sintang, Johanis Dairo Malo saat itu menyampaikan agar usulan pembentukan Pengadilan Negeri Melawi bisa disampaikan sehingga dalam beberapa waktu kedepan bisa dibangun di Melawi.

“Kalau kami siap untuk mendorong itu. Apalagi disini Polres sudah ada. Tinggal menunggu kejaksaan,” ujarnya.

Johanis juga menyampaikan kerjasama yang dibangun bersama PN Sintang dan Pemkab Melawi tentang layanan administrasi pengadilan juga menjadi bentuk keseriusan bersama agar dapat mendorong pembangunan pengadilan negeri tersendiri di Melawi.

“Dengan welcome nya pemerintah daerah setempat dapat menjadi dasar bagi kami untuk mengusulkan nantinya. Dan dalam waktu dekat pimpinan kami dari pengadilan tinggi akan datang dan akan kami sampaikan itu,” ujarnya.

Bupati Melawi, Dadi Sunarya ditempat yang sama juga telah menyatakan kesiapannya untuk mendukung pembentukan Pengadilan Negeri tersendiri. Bahkan dikatakannya Pemkab juga telah menyiapkan lahan bila nantinya Pengadilan Negeri maupun Kejaksaan Negeri dibentuk di Melawi.

“Kita akan mendorong terus. Hanya dengan keterbatasan APBD Melawi kita sama sama menyampaikan ke pusat khususnya Mahkamah Agung untuk dibangun PN Melawi,” paparnya.

Pemkab, kata Dadi hanya sanggup untuk menyediakan lahan bila kantor pengadilan negeri nantinya akan dibentuk, sedangkan dana pembangunan pengadilan negeri diharapkan bisa dialokasikan oleh pemerintah pusat, mengingat saat ini APBD Melawi sangatlah terbatas.