Cegah Stunting Pemdes Nanga Nuak Gelar PMT ke Anak PAUD Cendana

oleh -112 views
Bunda Paud Desa Nanga Nuak, Jainab, saat memberikan PMT kepada anak-anak PAUD Cendana

MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR – Pemerintah Desa Nanga Nuak, Kecamatan Ella Hilir, Melawi, menggelar Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi anak PAUD Cendana. Anggaran PMT bersumber dari Dana Desa tahun 2021.

Pelaksanaan PMT tersebut dihadiri langsung Bunda Paud Desa Nanga Nuak, yang juga sekaligus sebagai Ketua TP PKK Desa Nanga Nuak, Jainab, dan bendahara pengelola PAUD Cendana, Aisyah Juliana, Kamis (12/8).

Zainab mengatakan, TP PKK Desa Nanga Nuak mencanangkan salah satu program perbaikan gizi bagi anak-anak PAUD untuk mencegah stunting.

Menurut Jainab, tujuan diadakannya PMT adalah program intervensi bagi balita untuk meningkatkan status gizi anak serta untuk mencukupi kebutuhan zat gizi anak agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak tersebut.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini jangan sampai terjadi kasus gizi buruk kepada anak-anak di Desa Nanga Nuak. Kami ingin anak-anak balita di Desa Nanga Nuak tumbuh sehat dan berkembang sesuai tahapan pertumbuhannya,” ujar istri Kepala Desa Nanga Nuak, Mustafa, itu.

Sementara itu, Kepala Desa Nanga Nuak, Mustafa, menyampaikan PMT merupakan program desa, dalam rangka pembentukan fisik dan mental anak-anak secara dini.

Kedepannya, kata Mustafa, Pemdes ingin mengintensifkan dan mensinergikan kerjasama dan kordinasi yang baik dengan TP PKK Desa, dalam mendukung program pemerintah untuk mencegah terjadinya kasus gizi buruk di Desa Nanga Nuak.

Mustafa menjelaskan, makanan anak prasekolah harus mendapat perhatian mengingat masih dalam masa tumbuh kembang, maka keseimbangan gizinya harus disetujui tetap sehat. Oleh karena itu, pola pemberian makanan sangat penting untuk diperhatikan.