Ingin Lingkungan Disemprot Disinfektan, PMI Melawi: Silahkan Kirim Surat

oleh -241 views
Ilustrasi. Ketua PMI Melawi, Hj. Nurbetty Eka Mulyastri turun langsung menyerahkan bantuan sembako kepada korban banjir di Kecamatan Nanga Pinoh beberapa bulan lalu

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, siap untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi mencegah penyebaran virus Corona. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke lingkungan ruang publik hingga rumah-rumah warga.

Ketua PMI Kabupaten Melawi, Hj. Nurbetty Eka Mulyastri, mengatakan, jika lingkungan atau rumah ingin disemprot disinfektan, lantaran ada gejala atau terkonfirmasi positif hingga meninggal dunia karena Covid-19 di tempat itu, warga dipersilahkan mengirimkan surat permintaan yang ditujukan ke PMI Kabupaten Melawi.

“Kami melayani penyemprotan disinfektan. Prosedur permintaannya silahkan melalui surat resmi diketahui Pemerintah Desa setempat. Tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Astri Panji, akrab disapa itu, saat menyerahkan tali asih peduli Covid-19 kepada puluhan wartawan Kabupaten Melawi berupa perlengkapan mandi dan sembako di markas PMI Kabupaten Melawi di Kota Nanga Pinoh, Senin (7/6).

Istri mantan Bupati Kabupaten Melawi, Panji, itu menuturkan, khusus permintaan penyemprotan disinfektan tersebut belum bisa dipenuhi ke seluruh kecamatan atau desa di Kabupaten Melawi, lantaran keterbatasan sumber daya relawan PMI Kabupaten Melawi yang ada saat ini. Jadi pihaknya, untuk memenuhi permintaan itu bisa dilakukan khususnya di Kota Nanga Pinoh dan sekitarnya saat ini.

Astri menjelaskan, sejak pandemi ini merebak, PMI Kabupaten Melawi bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi telah bergerak diantaranya melayani penyemprotan disinfektan dengan sasaran tempat ibadah, sekolah, kantor pemerintahan, fasilitas umum, fasilitas sosial dan sarana pendidikan.