Kisah Relawan Pemakaman Jenazah Covid Kabupaten Melawi

oleh -227 views
Pemakaman salah satu pasien Covid-19 di Melawi

MELAWINEWS. COM, NANGA PINOH-Dibalik tingginya angka kasus kematian akibat covid 19 di kabupaten Melawi. Ada orang-orang penting yang terlibat dalam proses pemakaman jenazah yaitu para relawan. Kendati khawatir ikut terpapar, niatan mulia demi kemanusiaan tak menyurutkan langkah mereka demi membantu sesama.

Salah satu relawan yang ikut terlibat dalam proses pemakaman jenazah terpapar covid 19 adalah Dedi Irawan. Menurutnya tidak mudah untuk menjalankan tugas sebagai relawan, apalagi saat ini kasus covid di Kabupaten Melawi mengingat sehingga beban tugasnya semakin bertambah.

“Yang jelas, disaat memakamkan pasien Covid-19, baik itu positif kategori susfec hasil antigen maupun hasil PCR, kami selalu menjaga SOP protokol kesehatan.
Terkait apa ada suka dukanya, yang jelas tidak ada sukanya. Ketika ada pasien Covid yang meninggal, kami ikut berdukaberduka” kata Dedi.

Dia mengakui tugas relawan ini tidak mudah, selain beresiko juga sangat melelahkan, apalagi saat ini kasus kematian akibat covid mengalami lobiakan drastis sehingga dalam sehari dirinya harus beberapa kali turun untuk memakamkan jenazah mulai dari pagi sampai malam.

“Bagaimana rasanya memakamkan pasien satu hari bisa sampai 5 orang, yang jelas sangat melelahkan. Sehingga kami butuh doping dengan vitamin, agar kesehatan kami selalu terjaga.” kata Dedi.

Namun demikian kata Dedi, hal itu tak menyurutkan niatnya untuk menjalankan tugasnya sebagai relawan karena memang sudah menjadi tugasnya sebagai relawan.

“Terlebih sesama umat manusia sudah kewajiban, mengurus kematian hingga memakamkan.
Pemakaman yang kami lakukan tidak di satu tempat, sesuai permintaan keluarga almarhum atau almarhumah. Jika sudah tidak ada lokasi untuk pemakaman, maka kami makamkan di lahan khusus pemakaman Covid-19 di Tahlut kilometer 9 Desa Semadin Lengkong” katanya.

Dirinya berharap, kedepan setiap desa dan kecamatan, masing-masing memiliki petugas khusus untuk pemakaman pasien Covid-19. Mengingat jumlah anggota yang terbatas.
Dan terkait kenaikan angka kasus, dirinya berharap masyarakat bisa tetap menerapkan protokol kesehatan, menahan diri untuk bepergian kesana kemari, mengingat penyebaran kasus ini sudah tidak bisa terdeteksi.

“Kami juga berharap kepada pemerintah, untuk bisa mengedukasi masyarakat melalui berbagai cara, agar tetap mewaspadai wabah ini. Terkait pelayanan terhadap pasien Covid-19, kita berharap pemerintah selalu memberikan pelayanan terbaiknya” katanya.