Bocah Ini Lahir Tanpa Anus, Butuh Bantuan Biaya Operasi

oleh -0 views
Rafa (4) terlahir tanpa anus butuh bantuan para dermawan untuk biaya operasi pembuatan lubang anus normal

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Rafa asal Desa Tekelak, Kecamatan Pinoh Utara, Kabupaten Melawi, mengalami kelainan tidak mempunyai lubang anus sejak lahir. Untuk buang air besar, bocah berusia 4 tahun ini terpaksa melalui lubang yang dibuat di perut sebelah kiri.

Menurut Paur Humas Polres Melawi, Bripka Arbain, Rafa sebenarnya terlahir normal pada bulan September 2017 lalu. Namun, empat hari setelah lahir, diketahui Rafa tak memiliki anus. Tubuh Rafa saat itu terlihat tak biasa. Karena sama sekali tak buang air besar selama empat hari.

Agar bisa buang air besar, tutur Arbain, Rafa sudah menjalani operasi di RSUD Soedarso Pontianak untuk membuat lubang anus sementara melalui perut bagian kiri. Operasi pertama itu dilakukan saat Rafa berusia dua minggu.

Kemudian, lanjut Arbain, Rafa harus menjalani tahapan operasi kedua untuk pembuatan lubang anus normal yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 27 April 2021 mendatang.

Arbain mengungkapkan, orang tua Rafa yang sehari-hari hanya sebagai petani membutuhkan uluran tangan para dermawan untuk membantu biaya operasi Rafa, agar anak pria bungsunya bisa buang air besar dengan normal.

“Orangtua Rafa sangat berharap ada kepedulian semua pihak. Agar buah hati mereka bisa hidup normal seperti anak lainnya. Karena itu, orang tua Rafa berharap ada dermawan yang mau membantu anaknya untuk biaya operasi,” ujar Arbain, Rabu (14/4).

Ia menambahkan, masyarakat yang ingin membantu dapat langsung memberikan kepada orang tua Rafa di Desa Tekelak atau melalui transfer ke nomor rekening 116201002348508 atas nama Arbain Bank BRI.