Ella Hilir Gelar Pelatihan Penyusunan RPJMDes dan Pembekalan Pokja Pendataan SDGs Desa

oleh -36 views
Camat Ella Hilir, Syaripudin, membuka kegiatan

MELAWINEWS.COMOM, ELLA HILIR – Camat Ella Hilir, Syaripudin, membuka kegiatan pelatihan penyusunan RPJMDes dan pembekalan Pokja Pendataan SDGs Desa se- Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, yang berlangsung di Aula Kantor Camat Ella Hilir, Senin (12/4).

Acara ini dihadiri antara lain kepala desa dan perangkat, pendamping desa dan tim Pokja SDGs Desa dan se-Kecamatan Ella Hilir.

Dalam sambutannya Camat Syaripudin mengatakan, kegiatan pembekalan diharapkan mampu menjadi bagian penting dalam menunjang pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan penyusunan RPJMDes dan hal-hal teknis pendataan, sasaran, teknis pengisian kuisioner dalam pendataan SDGs sesa.

Lebih lanjut Syaripudin menjelaskan, manfaat hasil pendataan agar dapat menjadi bagian penyumbang data dan informasi dalam penyusunan kebijakan perencanaam pembangunan baik pusat, daerah, dan desa itu sendiri.

“Melalui kegiatan pemutakhiran data SDGs Desa, selain sebagai sumber data dan informasi dasar dalam menentukan kebijakan pembangunan desa, juga dimaksudkan untuk melihat kondisi perkembangan kemandirian desa dan ketepatan intervensi kebijakan pemerintah terkait pembangunan desa yang dilakukan pemerintah yang melibatkan peran aktif masyarakat desa,” ujarnya.

Dia mengatakan, dengan adanya Pokja pendataan SDGs Desa ini, para kader tim relawan kelompok kerja pendataan desa bisa mempunyai bahan atau memahami dalam melaksanakan Permendagri Nomor 21 Tahun 2020 yaitu tentang pedoman umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

“Maka dari pada itu, Desa harus merujuk kepada aturan pemerintah arah kebijakan yang harus dilaksanakan, salah satunya yaitu Pembangunan di Desa harus sinkron dengan yang lebih di prioritaskan oleh Pemerintah,” jelasnya.