Gencar Operasi Yustisi, Kesadaran Prokes Meningkat

oleh -2 views
Terjaring operasi yustisi tidak memakai masker, dua pelajar ini dihadiahi hukuman menyanyikan lagu Indonesia Raya
Terjaring operasi yustisi tidak memakai masker, dua pelajar ini dihadiahi hukuman menyanyikan lagu Indonesia Raya

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Satgas Covid-19 Pemkab Melawi terus gencar melakukan operasi yustisi di beberapa titik keramaian, seperti di kawasan jalan protokol kota Nanga Pinoh, tepatnya di depan Pos Lantas Polres Melawi, Jum’at (19/3) pagi.

Operasi yustisi ini diklaim efektif meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes), diantaranya memakai masker.

Tim operasi yang melibatkan TNI, Polri, BPBD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Kementrian Agama Kabupaten Melawi tersebut melakukan edukasi prokes hingga penegakan disiplin kepada warga yang tidak memakai masker berupa hukuman menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan push up.

Menurut Budiman, Tim Satgas Covid-19 dari BPBD Melawi mengatakan, setelah dilakukan operasi yustisi dengan gencar, kesadaran masyarakat menerapkan prokes meningkat di banding beberapa bulan sebelumnya.

“Meski kesadaran masyarakat meningkat, masih ada yang terjaring razia saat melintas tidak menggunakan masker,” ujar Budiman, disela-sela operasi yustisi kepada media ini.

Dikatakan Budiman, pihaknya tidak akan bosan untuk mengingatkan masyarakat dalam rangka kesadaran mematuhi prokes. Sebab, pandemi masih berlangsung.

“Jangan sampai terabaikan prokes ini, sampai pandemi mematikan itu berakhir,” ungkapnya.

Ditambahkan, upaya yang dilakukan Satgas Covid-19 terus menyadarkan masyarakat tentang prokes, sehingga bisa mencegah penularan Covid-19.