Cegah Kriminalitas, Warga Aktifkan Kegiatan Pos Kamling

oleh -12 views
Sejumlah warga Dusun Istana 1, Desa Baru, menjalankan tugas ronda malam di pos kamling

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Pentingnya keberadaan pos keamanan lingkungan (pos kamling) dirasakan warga Dusun Istana 1, Desa Baru, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi.

Diungkapkan salah satu warga setempat, Iif Usfayadi, bahwa keberadaan pos kamling sebagai sarana untuk mengantisipasi tindak kriminal lingkungan melalui kegiatan ronda secara bergantian.

Selain itu, lanjut Iif, diaktifkannya kembali pos kamling tersebut juga sebagai ajang bersilaturhmi dalam berbagi informasi dan komunikasi bersama warga setempat.

”Pos kamling kami aktifkan melalui ronda malam secara bergantian dengan seluruh warga yang sudah terjadwal,” ujar Anggota DPRD Melawi itu, Selasa (16/2).

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Melawi, Iptu Haryono, mengapresiasi kesadaran warga Dusun Istana 1, yang telah mengaktifkan kegiatan pos kamling.

“Kegiatan pos kamling sebagai bentuk pencegahan tindak kriminalitas yang dilakukan dengan ronda malam oleh warga ini, tentu harus kita apresiasi, dalam membantu Kepolisian untuk menciptakan kamtibmas yang aman,” ujar Iptu Haryono, Selasa (16/2).

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut waspada dalam menjaga situasi kamtibmas dilingkungannya masing-masing, seperti dengan mengaktifkan pos kamling  dilingkungan masing-masing.

“Dengan adanya kegiatan pos kamling ini, diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya ikut menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam,” ungkapnya.

Menurut Iptu Haryono, keberadaan pos kamling ini adalah untuk membantu tugas-tugas Kepolisian guna menciptakan Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi.

“Tentunya Kepolisian tidak dapat berkerja sendiri, diperlukan peran serta masyarakat untuk dapat menciptakan lingkungan sekitar menjadi aman, nyaman dan tentram,” pungkasnya.