Jalin Silaturahmi, Polres Melawi Gelar Tatap Muka dengan Pokdar Kamtibmas

oleh -17 views
Foto Bersama Wakapolres Melawi, Kompol Agus Mulyana didamping Kasat Binmas, IPTU Haryono dan Ketua Pokdar Kamtibmas, Taufik, serta sejumlah pengurus

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Sebagai wujud kedekatan Polri dengan masyarakat, Polres Melawi melaksanakan silaturahmi sekaligus tatap muka dengan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kabupaten Melawi, Rabu (3/2).

Pertemuan yang digelar di Aula Tri Brata Polres Melawi tersebut, dihadiri Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana, didampingi Kasat Binmas IPTU Haryono, serta pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Melawi.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan sosialisasi pemahaman tentang Vaksinasi Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Melawi, dr. Ahmad Jawahir.

Pada kesempatan tatap muka itu, Wakapolres Melawi mengajak seluruh pihak yang hadir untuk mendukung Polri dalam menjaga Kamtibmas khususnya di wilayah Pemkab Melawi.

Wakapolres menjelaskan, pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Melawi yang berasal dari berbagai unsur, menjadi kekuatan kerjasama Polri dengan masyarakat, terutama dalam memberikan dukungan untuk menciptakan dan  menjaga Kamtibmas di Kabupaten Melawi.

“Tanpa dukungan masyarakat, Polisi tidak dapat bekerja sendiri menyelesaikan persoalan Kamtibmas. Melalui Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat menjadi pembawa penyelesaian masalah (problem  solving) yaitu dengan menjalin komunikasi baik bersama masyarakat,” ujar Kompol Agus Mulyana.

Ditempat yang sama, Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Melawi, Taufik, menyebutkan pasca dibentuk beberapa waktu lalu Pokdar Kamtibmas Kabupaten Melawi mengakui belum tersusun program kerja Pokdar Kamtibmas, baik jangka pendek maupun jangka panjang lima tahun kedepan dalam kepengurusan periode pertama ini.

Politisi Partai Golkar ini juga mengakui, bahwa organisasi yang dilahirkan Polres Melawi tersebut, hingga kini belum mengetahui seperti apa tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang akan dilakukan pihaknya terkait komunikasi Kamtibmas kepada masyarakat.

Ia juga berharap, kedepan agar keberadaan organisasi ini memiliki badan hukum (akta notaris) yang di akui negara dan terdaftar di Pemkab Melawi melalui instansi terkait.

Organisasi yang berbasis sosial mitra dari Polisi ini, lanjut Wakil Ketua DPRD Melawi ini, keberadaan organisasi dalam menjaga situasi Kamtibmas bisa di dukung pemerintah setempat.

Untuk itu, lanjut Taufik, dalam waktu dekat, pengurus POKDAR Kamtibmas Kabupaten Melawi akan melakukan pertemuan internal dalam rangka menyusun visi misi, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tanga (AD/ART) hingga menyusun program kerja jangka pendek dan jangka panjang lima tahun kedepan.

“Semua itu akan kita bahas dan rumuskan bersama di dalam rapat kerja Pokdar Kamtibmas nanti. Kita jadwalkan usai perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2021 ini,” tutup Ketua Majelis Adat Budaya Tiongua (MABT) Melawi itu.