Waspada Rabies, 1 Warga Melawi Jadi Korban Gigitan Anjing

oleh -192 views
Cegah rabies. Petugas kesehatan hewan dari instansi terkait di Melawi melakukan vaksinasi rabies ke hewan peliharaan seperti anjing dan kucing

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Kepangtan) Kabupaten Melawi meminta masyarakat untuk menjaga dan memperhatikan perilaku anjing peliharaan, sebab saat ini tercatat satu orang dilaporkan jadi korban gigitan anjing dan mendapatkan vaksin anti rabies.

Satu warga yang dilaporkan terpapar gigitan anjing adalah warga Desa Kenyikap, Kecamatan Belimbing, beberapa hari yang lalu.

Mengetahui informasi ini, Dinas Kepangtan Melawi bersama instansi terkait pun langsung melakukan penanganan medis kepada korban dan melakukan vaksinasi rabies ke hewan peliharaan pada anjing dan kucing secara gratis di Desa Kenyikap.

Kepala Dinas Kepangtan Melawi, Syaiful Khair, menerangkan, untuk mengantisipasi penularan rabies khususnya di Desa Kenyikap, pihaknya bersama instansi terkait telah melakukan vaksinasi rabies ke 120 ekor anjing dan 6 ekor kucing.

Dia menambahkan, pihaknya kini bersama instansi terkait mulai melakukan vaksinasi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing serta hewan-hewan lainnya yang dianggap bisa menularkan penyakit mematikan itu.

“Vaksinasi tersebut telah dimulai di beberapa kecamatan secara gratis,” tutupnya.