Pelantikan Cakades Terpilih Direncanakan Maret

oleh
Ilustrasi. Pelaksanaan seleksi tertulis bacakades Melawi di Gedung Serba Guna Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, Melawi – Pelaksanaan Pilkades Serentak telah selesai digelar. Hasil Pilkades pun beberapa diantaranya telah diketahui.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi merencanakan pelantikan Cakades terpilih pada Maret mendatang. Kabid Bina Pemerintahan Desa, Thino mengatakan, pelantikan menunggu sampai seluruh tahapan Pilkades di tingkat desa selesai.

“Sesuai dengan tahapan dimana pada Januari ini dilakukan penyelesaian sengketa Pilkades. Kemudian pada Februari proses pengajuan SK. Setelah ditandatangani SK bupati untuk 111 desa, baru dilantik kades,” katanya.

Terkait sengketa hasil Pilkades di beberapa desa, Thino mengatakan hingga kini, DPMD belum menerima pelimpahan resmi dari kecamatan. Walau memang DPMD sudah menerima tembusan terkait gugatan keberatan oleh cakades di tingkat desa.

“Karena 20 hari pertama bila ada keberatan hasil Pilkades terlebih dahulu diselesaikan di tingkat desa. Bila tak selesai baru naik ke kecamatan. Jika tak juga bisa selesai, baru dilimpahkan ke kabupaten untuk ditangani oleh tim,” jelasnya