7 SDN di Melawi Dapat Bantuan Program Rehabilitasi

oleh -23 views
Kegiatan rehabilitasi SDN 03 Sidomulyo mulai dikerjakan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menerima bantuan rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana 7 unit SDN dibeberapa kecamatan.

Kepala Disdikbud Melawi, H. Joko Wahyono, mengatakan, adapun SDN yang mendapat bantuan rehabilitasi dan renovasi total melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dirjen Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalbar Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Kalbar ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2020 dengan total anggran Rp 15.743.650.000.

Tujuh SDN yang menerima bantuan rehabilitasi dan renovasi yakni SDN 06 Nanga Sasak Kecamatan Sayan, SDN 16 Labai Mekar Kecamatan Pinoh Selatan, SDN 01 Nanga Sokan Kecamatan Sokan, SDN 06 Emang Bemban Kecamatan Pinoh Selatan, SDN 03 Sidomulyo Kecamatan Nanga Pinoh, SDN 16 Landau Siling Kecamatan Sayan dan SDN 02 Kecamatan Menukung. 

Menurutnya, program tersebut sepenuhnya merupakan kewenangan pusat dan provinsi. Mulai dari perencanaan, lelang proyek hingga pelaksanaan. Sedangkan, Disdikbud hanya sebatas menerima data dan fasilitasi lokasi pembangunan.

Joko menjelaskan, saat ini pekerjaan sudah mulai dilakukan di 6 SDN oleh pihak ke tiga, sedangkan untuk satu sekolah yakni di SDN 16 Landau Siling di Kecamatan Sayan, kegiatan baru akan dimulai pada tahun 2021, disebabkan akan diadakan relokasi sekolah, mengingat lahan yang ada sekarang sudah tidak layak dan beresiko tinggi terjadi bencana longsor.

“Selama proyek itu dikerjakan, proses belajar mengajar dilaksanakan di tempat lain yang memadai dan dekat dengan lokasi sekolah yang tengah direhab,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan pekerjaan 7 sekolah ini akan selesai pada tahun 2021 dengan proses kontrak tahun jamak (Multi Years).

Joko meminta kepada para rekanan agar tetap mengedepankan kualitas pengerjaan daripada hasil atau keuntungan yang diperoleh. “Jika proyeknya bagus, maka semua akan puas,” pungkas Joko.