Usai Pilkada, Masa Kampanye Pilkades Dimulai Serentak Esok

oleh -1 views
Kabid Bina Pemerintah Desa DPMD Melawi, Adrianus Metro Thino

MELAWINEWS.COM, Melawi -Baru saja usai perhelatan Pilkada, Kabupaten Melawi kembali disibukkan dengan Pilkades Serentak yang bakal digelar Selasa, 22 Desember 2020. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi telah menyatakan Pilkades serentak siap digelar.

“Persiapan sudah kurang lebih 90 persen. 10 persen tinggal pelaksanaan,” ujar Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Melawi, Andrianus Metro Thino, Selasa (15/12).

Thino, mengungkapkan sesuai dengan Keputusan Bupati Melawi Nomor 140/189/ 2020, tahapan Pilkades Melawi resmi berlanjut dengan sejumlah perubahan. Kampanye bagi calon kepala desa dimulai hari ini, 16 Desember hingga 18 Desember.

“Kemudian juga untuk proses penyampaian surat pemberitahuan kepada pemilih terkait hari dan tanggal pelaksanaan Pilkades sejak 10 Desember hingga 21 Desember. Saat ini proses tersebut sudah berjalan di sebagian desa,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pelaksanaan kampanye calon kepala desa juga telah diatur khusus, utamanya terkait dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Thino memaparkan telah diatur melalui keputusan bupati soal penerapan protokol kesehatan baik dalam kampanye calon maupun proses tahapan lanjutan pelaksanaan Pilkades. Diantaranya soal larangan menggelar acara seperti bazaar, konser, pawai maupun kegiatan olahraga. Kemudian disarankan untuk berkampanye menggunakan daring atau medsos.

“Bila tidak memungkinkan maka kampanye bisa digelar terbatas dalam ruang dan gedung dengan maksimal 50 orang peserta dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujarnya.

Sementara, untuk logistik Pilkades, lanjut Thino sudah siap sejak jauh-jauh hari. Logistik Pilkades nantinya akan didistribusikan sejak 18 Desember hingga 21 Desember. Teknis pendistribusian logistik juga sudah disampaikan oleh DPMD pada jajaran panitia Pilkades mulai dari tingkat kecamatan hingga desa.

Terpisah, Panitia Pilkades Desa Tanjung Tengang, Saparwandi mengungkapkan jajarannya telah menggelar rapat koordinasi bersama Cakades tentang penyampaian nama nama saksi dan tata aturan dan jadwal kampanye, Persiapan distribusi DPT ( Daftar Pemilih Tetap) beserta undangan pemilihan.

“Selanjutnya terkait sosialisasi juknis Pilkades oleh PPKD kepada Cakades,” jelasnya.