Dorong 12 Desa Mandiri, Pjs Bupati Minta Dinas Terkait Bersinergi

oleh
Pjs bupati Melawi Linda Purnama saat membuka rakor p3MD Melawi di hotel Rajawali Nanga Pinoh Kamis (26/11)

MELAWINEWS. COM, NANGA PINOH-Pjs Bupati Melawi Linda Purnama membuka fasilitasi  rapat koordinasi (rakor) program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) tahun anggaran 2020 di aula hotel Rajawali Nanga Pinoh Kamis (26/11).

Kegiatan tersebut diikuti para kepala dinas, Tenaga Ahli TTP Kabupaten Melawi, Pendamping Desa Pemberdayaan, Pendamping Desa Tehnik Infrastruktur dan Pendamping Lokal Desa.

Dalam kesempatan tersebut Linda Purnama memberi apresiasi atas terselenggarsnya kegiatan yang dilaksanakan, menurutnya bisa bertemu dengan para pendamping desa adalah momen spesial apalagi dirinya tidak lama lagi akan mengakhiri tugasnya dan menyerahkan kepada pejabat devinitif.

“Tanggal lima nanti saya akan serahkan jabatan kepada pejabat definitif, jadi ini momen spesial bisa bertemu dengan bapak ibu pendamping desa” kata Linda.

Dia mengatakan uu desa memang sangat berpihak kepada masyarakat karena pembangunan dilakukan dari tingkat desa. Kata Linda sudah selayaknya semua pihak bersyukur karena undang-undang bisa  lahir sehingga bisa menguatkan pembangunan di desa.

“Pembangunan di desa menjadi ujung tombak. maka dari itu peran bapak ibu yang ada di desa kecamatan dan kabupaten inilah yang menjadi agen atau ujung tombak yang bisa mengarahkan kepada desa dalam rangka membangun desanya menjadi lebih baik” kata Linda.

Terkait dengan usulan 12 desa mandiri yang disampaikan oleh pemdes kepada Provinsi, Linda sangat mendukung. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni sinersitas antara pemdes dengan dinas terkait lainnya.

“Dengan adanya sinergsitas dengan dinas terkait maka mereka bisa mengarahkan programnya ke desa tersebut. karena ada beberapa indikator yang harus dipenuhi oleh desa jika ingin menjadi desa mandiri jadi kegiatan harus diarahkan ke sana sebab kalau mengandalkan dana desa tidak akan mampu harus ada sinergi antara dinas terkait di kabupaten Melawi. Provinsi bahkan pusat.” kata Linda

Kepala dinas (P3md) Melawi H. Hasan mengatakan sejak tahun 2015 atau pertama kali dana desa dikucurkan sedikitnya sudah ada 700 miliar lebih uang yang telah disalurkan. Selama 6 tahun dana desa ini untuk kemajuan desa.
desa mandiri 8.

“Sedangkan tahun 2020 ada 12 desa yang diusulkan menjadi desa mandiri. Mudah-mudahan usulan ini bisa dikawal bersama oleh dinas terkait yang kami libatkan” katanya.

kemudian pada momen pilkada ini Hasan juga mohon bantuan para pendamping desa yang ada di kecamatan dan desa. Agar bisa sama-sama mengawal jalannya pilkada sehingga berjalan dengan lancar dan sukses.

“Kemungkinan tanggal 4 sudah dikirim logistik. kami berharap bapak ibu bisa memastikan bahwa logistik tersebut sampai di desa binaan. Kemudian pada tanggal 22 Desember pelaksanaan pilkades sesuai dengan yang sudah ditandatangani oleh pjs bupati. 7000 desa sekitar 1700 desa yang disetujui mendagri untuk melaksanakan pilkades termasuk di kabupaten Melawi.

Terkait dengan BLT periode 1 tahap 123 dan periode 2 tahap 456 sudah disalurkan. Namun kendala untuk BLT periode 3 tahap 789 sebagian besar desa tidak mampu menyalurkan karena sudah banyak yang terpakai.