Pemda Diminta Siap Hadapi La Nina di Tengah Pandemi Covid-19

oleh -2 views

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pjs. Bupati Melawi, Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si memimpin apel kesiapsiagaan penanganan bencana banjir, puting beliung, dan tanah longsor (batingsor) di Kabupaten Melawi untuk mengantisipasi dampak fenomena La Nina.

Apel yang digelar di halaman rumah jabatan Bupati Melawi, Jumat (06/11/2020) diikuti oleh TNI dan Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Manggala Agni, Basarnas Sintang, BS BPK Nanga Pinoh, PMI Melawi, serta Tagana Melawi. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Kapolres Melawi, LO Kodim Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

Dalam arahannya, Pjs. Bupati Melawi, Linda Purnama mengatakan sesuai surat Gubernur Kalimantan Barat dan telegram Kapolda Kalimantan Barat dalam menghadapi fenomena La Nina, Pemerintah Daerah harus dapat mengantisipasi dengan menyiapkan segala sumber daya, baik sarana maupun prasarana berupa logistik dan obat-obatan serta bagaimana penanganan terpadu dan terarah.

“Fenomena La Nina yang terjadi di Samudera Pasifik diprediksi akan mengakibatkan peningkatkan curah hujan yang lebih tinggi dari biasanya. Oleh karena itu, daerah harus siap siaga dan menyiapkan mitigasi antisipasi terjadinya bencana alam”, ungkapnya.

Linda juga meminta kepada seluruh perangkat daerah bersama TNI dan Polri serta relawan untuk bersama-sama bersiap siaga dan siap mengambil langkah konkrit apabila terjadi bencana.

“Mengingat kerentanan keterpaparan masyarakat akan potensi ancaman bencana maka diperlukan kesiapsiagaan seluruh komponen instansi dalam menghadapi bencana, terutama di Kabupaten Melawi yang memiliki tingkat kerawanan dan resiko tinggi terhadap bencana banjir”, jelasnya.

Pjs. Bupati Melawi menyebutkan apel yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan para personel dalam mengantisipasi terjadinya bencana akibat fenomena La Nina.

“Saya harap dengan apel ini para personel siap, dan dapat terwujud sinergitas yang baik antar Pemerintah daerah dan TNI/Polri, serta instansi dan komponen masyarakat yang terlibat langsung dalam penanggulangan bencana yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten Melawi”, ungkapnya.

Mengakhiri arahannya, Pjs. Bupati Melawi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dedikasi, kerja keras dan kerjasama yang terjalin baik antara pemerintah daerah danTNI/Polri serta para relawan dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Melawi sehingga kejadian-kejadian kebencanaan dapat diatasi dengan baik.

“Pemerintah Daerah tentunya tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari semua pihak, saya sangat berterima kasih atas dukungannya selama ini”, ungkapnya. (HUMAS/FRZ)