31 Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak KKM di Melawi

oleh

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak menggelar kegiatan KKM dan magang di Kabupaten Melawi.

Kegiatan KKM 31 mahasiswa ini diharapkan dapat menerapkan ilmunya sesuai dengan disiplin ilmu yang dipilihnya selama dalam proses belajar perkuliahan di kampus.

Hal itu disampaikan Sekda Melawi, Paulus, Selasa (20/10), di kantor Bupati Melawi, saat menerima mahasiswa sekaligus memberikan pembekalan, supaya nantinya semua mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan KKM dan magang dengan baik diberbagai sekolah di Melawi.

“Pelaksanaan program magang dan KKM merupakan salah satu kegiatan untuk mendekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat, sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks tri dharma perguruan tinggi,” ujar Paulus.

Ia mengingatkan, dalam pelaksanaan KKM dan magang ini hendaknya tidak keluar dari koridor aturan dengan senantiasa memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh pihak universitas.

“Kami mengharapkan tidak tercemar dengan kegiatan-kegiatan lain diluar nuansa pengabdian, pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat. Jagalah nama baik kampus dan norma-norma agama dan adat istiadat setempat,” pesannya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Melawi, H. Joko Wahyono, mengatakan, 31 mahasiwa tersebut akan melaksanakan KKM dan magang di berbagai sekolah tingkat SMA dan SMK negeri dan swasta di Kabupaten Melawi.

Pada kegiatan magang dan KKM ini, kata Joko, mahasiswa melaksanakan peraktik mengajar, kemudian melaksanakan pengabdian ke masyarakat.

“Kita berharap mahasiswa juga dapat membantu masyarakat dalam memecahkan persoalan yang ada di sekitar lingkungan sekolah, yang diawali dengan mengenali masalah, mengidentifikasi, menganalisis hingga kemencari solusi,” pungkasnya.