DAD dan Ketemenggungan Nyatakan Sikap Dukung ‘Panah’

oleh

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Perwakilan elemen masyarakat Dayak yang tergabung dalam Dewan Adat Dayak (DAD) dan Ketemenggungan Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, menggelar pernyataan sikap bersama dukungan untuk bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Melawi Panji-Abang Ahmaddin (Panah) pada Pilkada Kabupaten Melawi 2020.

Pernyataan sikap yang juga dihadiri Pengurus DAD dan Ketemenggungan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Melawi berjumlah 58 orang ini berlangsung di ruang pertemuan Kurnia Water Park Nanga Pinoh, Minggu (24/8/2020).

“Bentuk dukungan tersebut merupakan hasil musyawarah DAD Kabupaten Melawi tentang siapa sosok yang tepat memimpin daerah Kabupaten Melawi lima tahun ke depan”.

“Ternyata hanya bapak Panji dan bapak Abang Ahmaddin yang paling tepat untuk Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Melawi,” kata Sekretaris DAD Kabupaten Melawi, Kimroni.

Kimroni menegaskan, mengenai soal memilih pemimpin bukan hanya dilandasi karena keterkaitan bentuk apapun, namun, harus dilihat track record seseorang dalam memimpin.

Berdasarkan itu, lanjut Kimroni, pihaknya menilai diantaranya, bahwa selama kepemimpinan Bupati Panji di pemerintahan pada periode pertama ini sangat nasionalis.

“Walaupun pak Panji merupakan kader Dayak, namun, secara kepemimpinan di pemerintahan tidak membeda-bedakan suku maupun agama. Semua dirangkul,” ujar mantan Anggota DPRD Melawi Periode 2014-2019 itu.

Lebih lanjut dikatakan, alasan DAD Kabupaten Melawi juga mendukung petahana, lantaran sosok Panji merupakan Pembina di kepengurusan DAD Kabupaten Melawi, maka wajib di dukung.

Sementara itu, Ketua Ketemenggungan Kabupaten Melawi, Sopian Hadi, mengatakan, bahwa pihaknya sudah bulat untuk mendukunng pasangan balon bupati dan wakik bupati Kabupaten Melawi Panji-Abang Ahmaddin pada Pilkada Kabupaten Melawi 2020.

“Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan diteruskan. Sisa pekerjaan di periode pertama dalam mengurus daerah ini biarlah diteruskan petahana dan wakilnya ke periode ke dua. Oleh karena itu bapak Panji dan Abang Ahmaddin merupakan jawaban yang tepat untuk kepentingan masyarakat Melawi ke depannya,” sebut Sopian Hadi.

Ia menegaskan kepada seluruh rakyat Kabupaten Melawi dalam menghadapi pesta demokrasi ini, agar menciptakan Pilkada Melawi yang kondusif.

“Meskipun berbeda pilihan sebagai bagian dari proses demokrasi di Pemilu, kami memohon kepada warga agar ciptakan Pilkada Melawi yang aman, sejuk, dan damai,” pesannya.

Sopian Hadi mengimbau, jangan sampai gara-gara beda pilihan politik, tali silaturrahmi antar sesama warga Kabupaten Melawi terputus.