Air Sungai Mangat Meluap, Desa Landau Tubun Terendam Banjir

oleh -17 views
Bencana banjir bercampur lumpur melanda pemukiman di Desa Landau Tubun

MELAWINEWS.COM, PINOH SELATAN – Sejumlah rumah warga di Desa Landau Tubun, Kecamatan Pinoh Selatan, Kabupaten Melawi, terendam banjir, Sabtu (15/8/2020).

Mardimen, warga Dusun Kemayu Raya, Desa Landau Tubun, mengatakan, bahwa rumah warga mulai terendam banjir sejak pukul 08.00 WIB hingga kini.

Dikatakan Mardimen, hujan deras yang mengguyur wilayah itu sejak pukul 03.00 WIB pada Sabtu (15/8/2020) membuat air Sungai Mangat wilayah Desa Landau Tubun meluap dan membanjiri rumah warga.

Banjir kali ini, kata Mardimen, menimbulkan genangan air yang sangat kotor lantaran bercampur material kayu dan lumpur dengan ketinggian bervariasi antara 20 sampai 50 cm.

Bencana banjir besar seperti ini, lanjut Mardimen, biasanya terjadi di pemukiman yang berada bantaran Sungai Mangat yakni selain di Desa Landau Tubun juga akan merendam pemukiman Desa Nyangai, Desa Sungai Bakah, Desa Landau Garong, dan Desa Manggala sebagian.

Lebih lanjut dikatakan, untuk wilayah desa lainnya di bantaran Sungai Mangat ini belum ada konfirmasi apakah ikut terendam banjir.

“Kami belum mendapat informasi dari desa lain apakah juga terdampak banjir,” kata Mardimen, Sabtu (15/8/2020).

Ia meminta kepada Pemkab Melawi, melalui instansi terkait supaya cepat mengambil langkah atau mengecek ke lokasi banjir.

ā€¯Bencana banjir seperti ini bukan hanya kali ini terjadi, tapi tiap tahun Desa Landau Tubun selalu kena musiba bencana banjir,” ujarnya.

Dia menambahkan, setiap bencana banjir terjadi di Desa Landau Tubun, warga setempat tidak pernah menerima bantuan baik dari pemerintah maupun dari lembaga masyarakat serta pihak-pihak lainnya.

“Mudah-mudahan dengan bencana banjir yang melanda warga di Desa Landau Tubun khususnya kali ini ada yang peduli,” harapnya.