Mendagri Apresiasi Melawi Realisasikan NPHD Pilkada 100 Persen

oleh -1 views

MELAWINEWS.COM, PONTIANAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi, adalah satu dari tiga daerah di Provinsi Kalbar telah melunasi anggaran untuk keperluan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Melawi tahun 2020.

Anggaran tersebut dialokasikan setelah sebelumnya dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) kepada KPU, Bawaslu dan pihak keamanan (Polri dan TNI).

“Kita sudah cairkan anggaran, baik untuk pihak KPU, Bawaslu dan keamanan. Kami sudah cairkan 100 persen,” kata Bupati Melawi, Panji, saat menghadiri kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian, ke Provinsi Kalbar dalam rangka rapat koordinasi kesiapan Pilkada Serentak 2020 dan pengarahan kepada Gugus Tugas Covid-19 di Kalimantan Ballroom Hotel Aston Lt 5 Pontianak, Minggu (19/07/2020).

Menurut Bupati Panji, anggaran untuk kepentingan Pilkada tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 Tahun 2019, tentang pendanaan kegiatan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Dari awal Kabupaten Melawi berkomitmen menyukseskan Pilkada serentak khusuanya di Kalbar dengan sesegera mungkin merealisasikan anggaran kepada KPU, Bawaslu dan pengamanan,” ujar Panji.

Pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, memberi apresiasi kepada Pemkab Melawi, karena menjadi salah satu daerah yang cepat dalam penyaluran NPHD Pilkada tersebut.

Tito pun mengapresiasi dengan memberikan penghargaan kepada Pemkab Melawi berupa mesin Anjungan Dukcapil Mandiri. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Melawi.

Selain Pemkab Melawi, di Kalbar ada dua kabupaten lainnya yang telah merealisasikan NPHD Pilkada yakni, Kabupaten Sintang dan Kapuas Hulu.