Pilkades Serentak Kembali Dimulai, Pemungutan Suara Digelar 26 Agustus

oleh
Kepala DPMD Melawi, H. Hasanuddin

MELAWINEWS.COM, Melawi – Tahapan Pilkades Serentak diputuskan kembali berlanjut. Pemkab Melawi merencanakan Pilkades tetap digelar ditengah pandemi dan pemungutan suara ditetapkan pada 26 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi, Hasanuddin ditemui menuturkan tahapan Pilkades di 111 desa akan segera dilanjutkan.

“Baru saja kami selesai rapat koordinasi intansi terkait kelanjutan Pilkades. Dan diputuskan digelar pada 26 Agustus 2020,” ungkapnya.

Dalam rapat tersebut, juga dibahas sejumlah tahapan Pilkades selanjutnya. Mulai dari sosialisasi dan bimbingan teknis kepada jajaran penyelenggara tingkat kecamatan dan desa serta KPPS.

Dikatakan Hasan, sejumlah tahapan yang tertunda seperti pernyataan bersama calon kepala desa, kampanye, hingga persiapan logistik Pilkades seperti sortir pelipatan surat suara, pengemasan logistik hingga pendistribusiannya akan dilanjutkan kembali. Sebelumnya tahapan Pilkades terhenti pada tahapan pencabutan nomor urut calon kades.

“Semua tahapan lanjutan Pilkades sudah disusun kembali dan akan segera disampaikan kepada pihak kecamatan dan desa,” katanya.

Dalam pelaksanaan Pilkades serentak, Hasan menegaskan pihaknya mengedepankan protokol kesehatan, meskipun sudah memasuki new normal.