BEROBAI PERMAI SALURKAN BLT – DD TAHAP II

oleh

Oleh : Ahirul Habib Padilah, S.IP., M.I.Pol

MELAWINEWS. COM, Desa Berobai Permai merupakan salah satu dari 18 desa yang ada di Kecamatan Sayan yang sudah melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) Tahun Anggaran 2020.

Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Melawi Nomor 140/371/DPMD Tentang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang juga mengatur tentang mekanisme penetapan calon penerima BLT – DD melalui Musyawarah Desa Khusus (MUSDESSUS).
Setelah menerima surat edaran Bupati Melawi, PJ Kepala Desa Berobai Permai Bustami, S.Pd langsung membentuk Relawan Desa Lawan COVID-19 dan mendata calon penerima BLT-DD.

Setelah dilakukan pendataan, maka dilaksanakanlah MUSDESSUS untuk dilakukan penetapan dan finalisasi penerima BLT-DD. Hasilnya Desa Berobai Permai menetapkan Sebanyak 30 KK penerima BLT-DD ini. Penerima akan mendapatkan bantuan Rp. 600.000,00,- perbulan selama 3 bulan.

Pada Tanggal 15 Mei 2020 dilaksanakanlah penyaluran BLT-DD Tahap I di bulan pertama secara langsung dan tunai ke rumah masing-masing warga penerima BLT-DD sekaligus penempelan stiker penerima dan pamplet kampung siaga covid-19. “ini merupakan bentuk transparansi kerja kita dalam mengemban amanah dari setiap warga desa ini, mengambil kebijakan dan keputusan secara cepat dan tepat”, ujar Bustami, S.Pd pada saat penyaluran tahap I.

Berikutnya, pada tanggal 12 Juni 2020 dilaksanakan kembali penyaluran tahap II dibulan kedua secara langsung dan tunai ke rumah masing-masing warga yang disaksikan langsung oleh Pendamping Lokal Desa Bapak Damori, S.Th, Babinsa Bapak Arthur, dan Babinkamtibmas Bapak Linardi. “selain menyalurkan BLT-DD Tahap II ini kami juga memastikan warga kami tetap aman dari covid-19 dengan melakukan penyemprotan secara rutin”, ujar Pak Wen selaku penanggungjawab Relawan Desa Lawan Covid-19 Desa Berobai Permai. Penyaluran BLT – DD ini memang sengaja dilakukan perbulan untuk menghindari penyalagunaan BLT – DD.

Kami ingin warga merasakan bahwa kita hadir dan bersama-sama dalam menghadapi permasalahan covid-19 ini yang menjadi musuh kita bersama, tentu kami ingin bantuan yang diberikan ini dimanfaatkan secara baik oleh warga”, ungkap Bustami. Terakhir beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintahan Desa Berobai Permai dan warga masyarakat yang sudah bekerjasama dengan baik dan beliau menyampaikan pesan moral kepada kita semua bahwa “kayu belian akan tetap kayu belian walau kayu belian tidak pernah berkata bahwa ‘aku kayu yang kuat dan kokoh serta terbaik diantara semua jenis kayu”.