Masuki New Normal, Posko Covid-19 Kotabaru Akhirnya Ditutup

oleh

MELAWINEWS.COM, Melawi – Posko Pemantauan Covid-19 di Kotabaru akhirnya resmi ditutup seiring dengan dimulainya kehidupan new normal. Tim gugus tugas Kecamatan Tanah Pinoh akan memaksimalkan pemantauan dari laporan desa serta pelaksanaan rapid tes massal.

Penutupan posko di gelar di halaman Polsek Kotabaru, Jumat (26/6) dan dihadiri jajaran Gugus Tugas Kecamatan Nanga Pinoh serta para relawan yang aktif ikut menjaga posko tersebut.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Tanah Pinoh, Ahmad Darmawan menerangkan penutupan posko menjadi bagian dari penerapan kehidupan normal baru atau new normal life.

“Kami berikan piagam untuk relawan karena posko Covid-19 berjalan secara mandiri. Piagam ini menjadi bentuk penghargaan atas dedikasi relawan selama 3 bulan bekerja,” katanya.

Wawan, sapaan akrabnya menerangkan untuk langkah pencegahan Covid-19 kedepan, pihaknya akan membentuk posko di Puskemas. “Selain itu kita juga akan memantau laporan masyarakat yang baru melakukan perjalanan luar daerah dengan bekerja sama dengan Babinsa serta Bhabinkamtibmas,” ujarnya

Wawan yang juga menjabat Kepala Puskesmas Kotabaru ini juga meminta desa melaporkan bila ada warga maupun pendatang yang baru saja melakukan perjalanan dari luar daerah. Tindaklanjutnya pada warga yang tersebut akan dilakukan rapid tes.

“Program kedepan juga kami akan melakukan rapid tes aparatur desa dan kecamatan serta sebagian masyarakat untuk mendeteksi dini Covid-19,” ujarnya.

Dikatakan Wawan, walaupun posko secara resmi ditutup namun administrasi tetap ia jalankan sesuai aturan pemerintah. Monitoring tempat ibadah, swalayan, cafe dan tempat-tempat umum lainnya juga dilakukan agar tetap melaksanakan aktivitas sesuai protokoler kesehatan dalam menyongsong new normal

“Sekarang baru kami lakukan rapid massal kantor camat dan desa serta pengurus agama di gereja dan masjid serta masyarakat yang ada indikasi Corona,” katanya.