Melawi Jadi Daerah Bebas Covid-19 Pertama di Kalbar

oleh
Ilustrasi. Kabupaten Melawi berstatus zona hijau Covid-19

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Kabupaten Melawi sebagai daerah pertama yang memasuki zona hijau bebas corona (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Hal ini berdasarkan pasien yang terpapar positif Covid-19 sebanyak 12 orang telah dinyatakan sembuh setelah menjalani uji swab PCR ke dua kali hasilnya negatif.

Hal itu dikatakan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Melawi, dr. Ahmad Jawahir, dihubungi melalui sambungan selurer, Minggu (21/6).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Melawi itu mengungkapkan, selama rentang waktu penanganan Covid-19 di Kabupaten Melawi hingga bulan Juni 2020 tidak ada kasus konfirmasi positif yang meninggal dunia.

“Angka kematian pasien Covid-19 di Kabupaten Melawi 0 persen. Dengan catatan, 12 pasien positif Covid-19 saja hinga Juni 2020 sudah dinyatakan sembuh,” ungkap Ahmad Jawahir.

Ia mengatakan, pemeriksaan melalui rapid test juga telah dilakukan secara massal terseleksi yang dilanjutkan dengan pemeriksaan swab PCR.

“Pemeriksaan melalui rapid test massal terseleksi terhadap ribuan orang juga menunjukkan tren terkonfirmasi positif Covid-19 sangat rendah, termasuk hasil swab PCR kepada puluhan orang dinyatakan negatif,” papar Ahmad Jawahir.

Namun, Ia mengingatkan, walaupun Kabupaten Melawi sudah berstatus zona hijau, lantas mengabaikan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita imbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 diantaranya memakai masker bila keluar rumah, jaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun, sampai pandemi ini benar-benar berakhir,” tuntasnya.