H-1 Lebaran Tingkat Kemacetan Kota Nanga Pinoh Turun Drastis

oleh
Jalan utama di Kota Nanga Pinoh terlihat lengang H-1 Idul Fitri

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Kementerian Agama RI telah menetapkan Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada 24 Mei 2020.

Dengan penetapan tersebut, hari ini merupakan H-1 menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Berdasarkan pantauan MelawiNews.Com pada Sabtu (23/5) atau H-1 Idul Fitri, lalu lintas (Lalin) di Kota Nanga Pinoh, Melawi, terlihat lengang, membuat tingkat kemacetan turun drastis.

Hal ini berbeda dengan kondisi pada tahun-tahun sebelumnya, di mana pemudik dari luar kota memadati ruas jalan Kota Nanga Pinoh.

Yang biasanya padat oleh kendaraan pada jam – jam sibuk seperti pada pagi hingga jelang sore hari, kini terlihat lengang dari aktivitas kendaraan.

Selain itu, warga dari berbagai penjuru Kabupaten Melawi biasanya sudah memadati pasar Kota Nanga Pinoh untuk berbelanja keperluan Lebaran.

Hal tersebut terlihat di kawasan berbagai rusa jalan pasar Kota Nanga Pinoh yang biasanya terpantau macet di hari-hari biasa jelang Idul Fitri, kini H-1 Lebaran pun terpantau lancar.

“Kondisi ini suasananya sudah berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tidak banyak pengunjung pasar dan Lalin lengang. Semua ini karena himbauan terkait virus corona,” kata Sulimin, salah satu warga yang ditemui di kawasan pasar Kota Nanga Pinoh.

Dikatakan, di pusat-pusat perbelanjaan seperti pakaian di Kota Nanga Pinoh sejumlah pedagang juga mengeluhkan sepinya pembeli, menyusul himbauan terkait antisipasi penyebaran wabah Corona di Melawi.

Meski demikian, kata Sulimin, bagi warga yang terpaksa dan harus bepergian dengan kendaraan, dianjurkan tetap waspada. Bukan tidak mungkin lalu lintas yang sepi mengundang kecepatan berlebih.

Tambah Sulimin, kondisi tersebut bila tidak dibarengi kesadaran pengemudi tentunya dapat menimbulkan kecelakaan.