Bunuh Corona di Uang Kertas, TP PKK Melawi Ciptakan Box Sterilisasi

oleh
Box sterilisasi uang kertas diserahkan kepada petugas di Pos Penjagaan SatPol PP pasar sayur Markasan

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona (Covid-19), Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Melawi menciptakan box Covid-19.

Box tersebut merupakan alat strerilasi uang kertas otomatis dengan memanfaatkan aliran listrik menggunakan bohlam. Sehingga bisa membersihkan uang dari virus atau kuman saat transaksi antara pedagang dan pembeli.

“Box sterilisasi ini berfungsi untuk membunuh kuman atau virus Covid-19 yang menempel pada uang kertas. Dengan cara memasukkan uang kertas dalam box tersebut sebelum transaksi,” kata Ketua TP PKK Melawi, Hj Nurbetty Eka Mulyastri kepada MelawiaNews.Com, saat menyerahkan 3 unit box sterilisasi di pasar sayur Markasan Kota Nanga Pinoh, Selasa (19/5).

Dikatakan Astri Panji, akrab disapa itu, yang didampingi sejumlah Pengurus TP PKK Kabupaten, GOW Melawi dan DP2KBP3A Melawi, bahwa 3 unit box steriilisasi uang kertas tersebut ditempatkan di Pos Penjagaan Satpol PP Pasar Markasan.

“Box sterilisasi uang kertas ini bisa mencegah penyebaran Covid-19 yang sangat rentan tertular ketika kontak fisik antara pedagang dan pembeli. Harapannya, pedagang dan pembeli memanfaatkan box sterilisasi,” harapnya.

Istri Bupati Melawi, Panji, itu menjelaskan, ketika uang sudah berada di dalam box langsung terdeteksi membersihkan virus. “Jadi ini bisa mencegah penyebaran Covid-19, sehingga pedagang dan pembeli bisa tetap aman saat bertransaksi,” ujarnya.

Ia berharap, para pedagang dan pembeli sebelum transaksi di Pasar Sayur Markasan bisa memanfaatkan box sterilisasi untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“Ini bentuk kepedulian dan pengabdian kami di tengah wabah landemk,” akhirnya.