Banyak Warga Luar Melawi Hilir Mudik, Posko Pemeriksaan Dibangun di Kotabaru

oleh
Posko pemeriksaan mencegah Covid-19 dibentuk di Kotabaru, Kecamatan Tanah Pinoh

MELAWINEWS.COM, Melawi – Upaya mencegah masuknya orang yang membawa virus Corona, sejumlah unsur di Kecamatan Tanah Pinoh membangun posko pemeriksaan kesehatan. Posko yang diinisiasi Puskesmas Kotabaru dibangun dengan swadaya masyarakat setempat.

Kepala Puskesmas Kotabaru, Ahmad Darmawan mengungkapkan posko pemeriksaan tersebut sudah beroperasi kurang lebih sepekan ini. Posko tersebut dibangun dekat Kantor Polsek Kotabaru.

“Tujuan utamanya tentu untuk mengantisipasi serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kecamatan Tanah Pinoh dan sekitarnya. Jadi kami bersama masyarakat dan Forkopimcam Tanah Pinoh bersepakat untuk membangun posko tersebut,” jelasnya, Minggu (12/4).

Pemuda yang akrab disapa Wawan ini memaparkan keberadaan posko pemeriksaan ini dinilai penting mengingat cukup tingginya lalu lintas warga yang lalu lalang masuk ke Kecamatan Tanah Pinoh dan sekitarnya. Apalagi dalam penjaringan yang dilakukan Puskesmas Kotabaru, banyak orang dari Pontianak maupun Ketapang, bahkan Kalteng yang datang keluar masuk ke Tanah Pinoh.

“Sebagai antisipasi, masyarakat yang datang dari luar kita periksa suhu badan serta darimana ia datang,” jelasnya.

Untuk operasional posko, Wawan mengungkapkan dirinya berkoordinasi dengan Forkopimcam Tanah Pinoh serta masyarakat. Dana operasional pun merupakan swadaya bersama. Termasuk untuk petugas piket posko berasal dari dari kantor camat, Satpol PP, Puskesmas, Polsek, TNI hingga komunitas Truk Mania West Borneo (TMWB).

“Bantuan masyarakat hingga perusahaan pun terus berdatangan. Setiap hari ada saja yang datang ngantar kue, berbagai jenis minuman kopi sampai teh,” katanya.

Dalam upaya pencegahan Covid-19, Wawan mengungkapkan, sejumlah kegiatan preventif telah dilakukan jajarannya. Mulai dari penyemprotan desinfektan di 12 desa, pembagian sabun pada warga. Aksi ini juga dilakukan bersama pihak puskesmas bersama kepolisian, koramil Tanah Pinoh serta Camat Tanah Pinoh.

“Kita melibatkan seluruh unsur untuk bersama-sama bersatu padu mencegah wabah ini meluas ke hulu Melawi. Karenanya kita juga meminta perhatian seluruh pihak untuk kooperatif dan juga sadar diri untuk mengikuti imbauan pemerintah dalam rangka mencegah Covid-19 ini,” kata Ketua PPNI Melawi ini.