Kabar Gembira Surat Ijin Operasional CT SCAN di RSUD Melawi dari BAPETEN Sudah Keluar

oleh

MELAWINEWS. COM, NANGA PINOH- RSUD Melawi terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan cara membenahi segala fasilitas penunjang. Memperbaiki gedung, kebersihan lingkungan Rumah Sakit dan Peralatan Kesehatan lainnya.

Direktur RSUD Melawi dr Sien Setiawan mengatakan, pada Minggu ini ,9 April 2020 , sudah keluar Surat Ijin Operasional CT SCAN di RSUD Melawi dari BAPETEN ( Badan Pengawas Tenaga Nuklir ) Jakarta.
Jika tidak ada halangan Minggu depan akan diresmikan oleh BUPATI Melawi ,Bpk.PANJI ,S.Sos.

“Dengan berfungsinya Pelayanan CT Scan @ RSUD Melawi akan membawa Berkat bagi masyarakat ,sehingga Netizen Melawi tidak perlu jauh- jauh lagi dirujuk saat membutuhkan pemeriksaan CT Scan dan disaat Wabah COVID 19 ini , CT Scan bisa membantu memperkuat penegakkan Diagnosa COVID 19 ,karena Gambaran kelainan Paru – Paru akibat Virus CORONA sangat Khas pada foto CT Scan.” Jelas Sien.

Lebih lanjut Sien menjelaskan, CT Scan bisa untuk memprediksi apakah kondisi pasien Covid 19 akan memburuk atau akan membaik. Bahkan di RS Swasta di Jakarta ,banyak dokter / pasien yang lebih memilih pemeriksaan CT Scan dibandingkan Foto Ronsen Paru biasa pada pasien yang kuat diduga terpapar Covid 19 .

“Walaupun biaya CT SCAN jauh lebih mahal tetapi Gambaran Foto CT SCAN paru – paru Covid 19 lebih Khas ,lebih sensitiv dan lebih akurat dibandingkan X foto Ronsen konvensional . Jika kondisi pasien Covid 19 memburuk maka akan muncul gambaran ARDS pada CT SCAN dan biasanya luas kerusakan parenkim paru yang terkena lebih dari 75 persen” Katanya.

Sien menjelaskan, jika kondisi membaik ,akan muncul gambaran ” Reverse Halo sign ” dan atau “Parenchymal Bands” ,disertai pengurangan luas lesi. Jika pasien Covid 19 semakin membaik maka paru- paru nya akan kembali bersih setelah 1 bulan atau lebih.
Saat ini Instalasi Radiologi RSUD Melawi memiliki SDM : 1 Dokter Spesialis Radiologi dan 7 Radiografer.

Lebih lanjut dia menjelaskan, selain memiliki Mesin CT SCAN , juga tersedia USG Terkini , Mesin X -RAY STATION , Mobile Portable X – Ray dengan DR (Digital Resolution) serta Mesin Panoramic Gigi.

“Setelah sekian lama menunggu ,akhirnya masyarakat Melawi bisa mendapatkan kemudahan pelayanan Mesin CT SCAN . Tidak perlu jauh – jauh lagi dirujuk ke Pontianak. Masyarakat bisa menggunakan BPJS sesuai alur rujukan yang berlaku.
Pemeriksaan CT SCAN baru bisa di Klaim ke BPJS jika ada Indikasi untuk diperiksa oleh Rujukan dokter Spesialis Penyakit Dalam / Spesialis Syaraf / Spesialis Bedah ” Katanya