Semprot Massal di 80 Lokasi, Kapolres : Ikhtiar Kita Cegah Wabah Corona

oleh
Mobil watercanon Polres Melawi yang digunakan dalam penyemprotan desinfektan massal di Kota Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, Melawi -Polres Melawi melaksanakan penyemprotan disinfektan secara massal di Kabupaten Melawi. Dengan Personil gabungan POLRI, TNI, Sat PolPP, BPBD, Damkar dan PBK melaksanakan Apel Kesiapan terlebih dahulu di Terminal Bus Sidomulyo Kecamatan Nanga Pinoh, Selasa (31/3/2020) sekitar pukul 09.00 wib.

Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, dihadiri Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana, S.E., M.M beserta PJU Polres Melawi, hadir juga LO Kodim 1205 Sintang, Danki Senapan A 642 Kapuas, Kasat Pol PP Kabupaten Melawi, Ketua PBK Kabupaten Melawi dan Ketua MABT Kabupaten Melawi.

Penyemprotan massal ini menggunakan 1 unit Mobil Watercanon Polres Melawi, 2 unit Mobil PBK Nanga Pinoh, 1 unit Mobil Damkar Pemda Melawi dan penyemprotan secara manual menggunakan solo oleh gabungan Personil Polres Melawi, Kompi Senapan A 642 Kapuas, Koramil Nanga Pinoh, Sat Pol PP, Damkar, PBK dan BPBD Kabupaten Melawi. Tidak tanggung-tanggung cairan disinfektan yang disiapkan oleh Polres Melawi mencapai 55.500 Liter yang sudah tercampur berbagai macam bahan yang diyakini mampu membunuh virus corona (Covid – 19).

Dalam Apel yang menerapkan social distancing tersebut, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H mengatakan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan yang dilaksanakan di 80 lokasi ini, untuk kedua kalinya dilaksanakan secara serentak atau massal serta setiap hari dilaksanakan oleh Satgas Aman Nusa II Polres Melawi dan Polsek Jajaran.

“Kegiatan penyemprotan ini bertujuan memberikan ketenangan bagi masyarakat. Ini menjadi ikhtiar kita bersama mencegah Corona,” tuturnya.

“Dalam rangka mendukung keselamatan masyarakat diperlukan gerakan preventif secara masif dan serentak untuk meminimalisasi tingkat penyebaran virus corona (covid-19) di Kabupaten Melawi,” terangnya.

Kapolres Menyampaikan, penyemprotan disinfektan itu dilakukan bersama dengan sejumlah instansi terkait, seperti TNI, Sat Pol PP, BPBD, Damkar dan PBK.

“Bersama dan bersinergi kita minimalisasi penyebaran virus corona. Dengan menggunakan seluruh kendaraan dinas Polri, seperti kendaraan water canon dan memanfaatkan kendaraan dinas lain seperti mobil pemadam kebakaran serta sarana pendukung lainya,” jelasnya.

Lanjutnya, “Ditengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, banyak pihak berupaya untuk sebisa mungkin mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Salah satu cara yang dilakukan selain menjaga jarak dan membatasi aktivitas, yaitu dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Penyemprotan cairan berisi bahan kimia ini, diharapkan dapat membunuh virus yang mungkin saja berada di sekitar kita,” ungkapnya.

“Semakin banyak yang mencegah semakin banyak yang terlindungi. Masyarakat juga harus turut serta dengan menaati semua aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Mari bantu kami untuk pencegahan virus yang sedang melanda Negeri ini, Disiplinlah untuk kebaikan bersama,” imbaunya.

Tris juga menegaskan aparat Kepolisian akan bersikap tegas kepada masyarakat yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah, karena penanganan virus ini bukan main-main. “yang kita hadapi musuh tidak terlihat kami sangat peduli dan sayang kepada masyarakat. Siang dan malam kami kerja untuk keselamatan khalayak ramai,” tuntasnya.