Polisi Turunkan Mobil Water Canon Semprot Jalan Dengan Disinfektan Cegah Corona

oleh
Mobil water canon milik Polres Melawi semprot disinfektan di jalan protokol Kota Nanga Pinoh cegah penyebaran virus corona

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Sebelum penyemprotan cairan disinfektan secara massal ini, terlebih dahulu dilaksanakan apel di Pendopo Bupati Melawi. Sosial Distancing juga diterapkan dalam apel gugus tugas tim pencegahan dan penanggulangan Covid -19 Kabupaten Melawi, Sabtu (28/3/2020) sekitar pukul 16.00 wib.

Baru sekitar pukul 19.00 wib tim gabungan melakukan penyemprotan secara massal jalan protokol di Kabupaten Melawi. Kegiatan ini dipimpin dan dihadiri langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H didampingi Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana, S.E., M.M, Bupati Melawi Panji, S. Sos, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Melawi, Dandim 1205 / STG, LO Dandim 1205 / STG, Pejabat Utama Polres Melawi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, Ketua TP-PKK / Ketua PMI Kabupaten Melawi, Danramil dan Kapolsek Jajaran Polres Melawi.

Dalam penyemprotan cairan disinfektan ini, Polres Melawi menurunkan satu unit Rantis (Kendaraan Taktis) Water Canon. Sementara Pemerintah Kabupaten Melawi dan BS-PBK Bhakti Mulia Nanga Pinoh menurunkan kendaraan pemadam kebakaran.

Sebelum menggelar penyemprotan disinfektan secara massal ini, Disetiap kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi dan Jajarannya. Polres Melawi sendiri memang paling aktif melakukan kegiatan pencegahan dan mengedukasi masyarakat. Mulai penyemprotan disinfektan dilingkungan mako Polri, sampai penyemprotan disinfektan dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi. Dari kantor Bupati, DPRD, dan Kantor Pemerintah Daerah lainnya, Fasilitas Umum seperti Terminal Bus (dalam kota/antar kota dalam provinsi) dan Darmaga (persinggahan motor air) hingga Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Melawi dilakukan penyemprotan disinfektan oleh Kapolres Melawi dan Jajarannya.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi mengatakan kegiatan ini dilakukan secara serempak oleh Gugus Tugas Tim Pencegahan dan Penanggulangan Covid -19 Kabupaten Melawi.

“Kegiatan ini dalam rangka menekan penyebaran virus corona (Covid – 19) yang lagi merebak di Indonesia agar tidak mewabah di Kabupaten Melawi,” katanya.

“Menjadi sasaran adalah median, bagian utama jalan dan bahun jalan. Penyemprotan ini juga untuk mensterilkan jalan-jalan yang ada mencegah penyebaran virus corona. Kita ingin memastikan semua fasilitas yang ada termasuk jalan-jalan yang banyak dilalui kendaraan ini steril,” ujarnya.

“Penyemprotan yang dilakukan ini tidak hanya dilingkup kota saja, tapi juga serentak di seluruh Wilayah Kabupaten Melawi. Kecamatan hingga Desa juga melakukan penyemprotan seperti yang kita lakukan,” ungkapnya.

Menurut Kapolres, penyemprotan disinfektan ini akan rutin dilakukan di Wilayah Hukum Polres Melawi dengan bekerjasama dengan seluruh stakeholder terkait. Namun demikian, warga juga diminta untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Dengan cara, dirumahnya masing-masing menyediakan dan menerapkan rajin cuci tangan dengan sabun serta olahraga secara individu,” imbaunya.

Ia juga mengingatkan supaya warga menghindari perkumpulan massa. Serta menaati himbauan Pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Corona (Covid – 19).

Sumber : Polres Melawi (Oktavianus)